21 Oct 2020, 00:09Kulit & Kelamin

Buah zakar kanan lebih turun, apakah berbahaya?

MA
Info Penanya: MA0
Dok buah zakar turun sebelah yg kanan kendor, tapi tidak ada gejala nyeri apakah itu aman dok? Mohon dijawab terima kasih ?
375 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, MA.Normalnya, kondisi buah zakar memang tidak simetris atau sejajar satu sama lain. Salah satu buah zakar memang terletak lebih turun, dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Jadi, apabila jarak buah zakar Anda hanya berbeda tipis satu sama lain, dan tidak disertai dengan keluhan lainnya, maka hal tersebut adalah wajar dan normal.Oleh karena itu, selalulah jaga kesehatan organ kelamin dengan menghindari penggunaan pakaian celana dalam yang ketat. Pilih bahan celana yang menyerap keringat, agar organ kelamin tidak lembab. Juga, selalu bersihkan organ kemaluan setiap habis buang air.Namun, apabila ada keluhan selain nyeri seperti rasa berdenyut pada buah zakar, atau ukuran kedua buah zakar jauh berbeda, maka hal tersebut dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan seperti:
  • Hidrokel
  • Varikokel
  • Spermatokel
  • Hernia inguinalis
  • Orchitis
Apabila memang ada gejala-gejala lain, segera konsultasikan kepada dokter spesialis urologi, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Nantinya, dokter akan mengevaluasi hasilnya dan memberikan penanganan yang sesuai untuk penyebabnya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit kelaminkelamin laki-lakirambut kemaluan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil