buah zakar posisi tidak sama dan seperti ada memar

R Info Penanya: R, Pria, 24 Tahun
Dok, buah zakar saya posisinya tidak sama ada yang kedepan, satu lagi kebelakang dan agak turun. Akhir akhir ini yang agak turun itu ada rasa seperti memar tp kalau saya pegang tidak sakit. Apakah itu termasuk hernia apa bukan? Dan cara agar rasa seperti memar itu hilang? Apakah harus pakai celana pendek untuk hernia? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R

Buah zakar didalam skrotum dalam posisi normal akan cenderus lebih rendah yang sebelah kiri dibanding yang kanan. Namun jika terdapat benjolan posisi yang lebih kedepan dan agak turun maka dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti hidrokel/cairan didalam buah zakar, tumor skrotum, infeksi skrotum dan hernia. 

Pada hernia  buah zakar terjadi karena usus masuk melalui cincin inguinal sehingga akan menimbulkan benjolan buah zakar yang lebih besar. Sifat benjolan ini adalah hilang timbul, benjolan akan timbul saat mengedan, batuk atau saat melakukan aktivitas dan hilang saat istirahat tidur. Namun adakalanya benjolan sudah tidak dapat masuk lagi dan terjepit membuat sakit dan nekrosis usus, hal ini disebut inkerserata-strangulata, pasien pada tahap ini harus menjalani operasi segera. Untuk penggunaan celana hernia sampai saat ini tidak bermanfaat, karena tatalaksana hernia sebenarnya adalah operasi dan memberikan bukti signifikan penyembuhan pada pasien.

Kondisi lain yang membuat pembesaran buah zakar adalah hidrokel dan orchitis. pada hidrokel terdapat tumpukan cairan dalam skrotum sedangkan orcitis terdapat infeksi pada buah zakar. 

Saya sarankan anda berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk memastikan penyebab masalah pada buah zakar anda. 

Salam sehat

dr.Zulham

R
20 Aug 2019, 11:16
Setelah beberapa hari seperti sakit memar kemarin sakitnya hilang sendiri setelah bangun tidur. Untuk benjolan tidak ada, ketika saya pegang tidak ada rasa sakit. Untuk kondisi buah zakar sebelah kiri memang sedikit besar dan keluhan yang saya alami ada rasa nyeri itu saja kemarin
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.