31 May 2020, 05:16Kulit & Kelamin

Benjolan di buah zakar, apa penyebabnya?

CG
Info Penanya: CG, Pria, 24 Tahun
Dok. Di sekitar kantong buah zakar ada benjolan seperti gigitan semut tpi terkadang terasa gatal dan sudah berhari2 tidak hilang2, kenapa ya?
16975 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, CG.Dalam bahasa medis, buah zakar disebut dengan testis, yaitu bagian dari alat reproduksi pria yang menggantung dalam kantung testis. Testis berfungsi untuk memproduksi sperma dan membantu pengeluaran hormon testosteron (hormon reproduksi pria). 

Penyebab Benjolan Kecil pada Testis

Terkait keluhan yang Anda sampaikan, benjolan kecil menyerupai gigitan serangga yang terdapat pada testis bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:
  • Folikulitis, yaitu peradangan akar rambut kemaluan yang juga tumbuh di kantung testis
  • Gigitan serangga 
  • Alergi bahan celana dalam 
  • Infeksi bakteri pada kantung testis
Tetapi, apabila benjolan tampak lebih besar, bisa saja disebabkan oleh varikokel, hidrokel, orchitis (infeksi testis), atau hernia inguinalis. Untuk memastikan, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis urologi. Dokter akan memeriksa langsung testis Anda dan menentukan terapi yang tepat.Untuk sementara, hindari menggaruk benjolan tersebut karena dapat memicu infeksi lanjutan. Gunakan bahan celana dalam yang longgar dan menyerap keringat, untuk mencegah area kemaluan terlalu lembab. Selain itu, selalu jaga kebersihan organ kelamin, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
kulit sekitar kelaminkelamin laki-lakivarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil