04 Nov 2020, 20:23Kulit & Kelamin

Mengapa buah zakar bengkak sebelah kiri?

VA
Info Penanya: VA, Pria, 30 Tahun
Assalamualaikum dok 1thn yg lalu sya jatuh dri tmpat krja smpe kelamin sya terbentur besi rasanya sakit luar biasa stelah kjadian tu buah zakar sya sbelah kiri bengkak keras smpe skarang sring trasa sakit pas capek awal priksa kta dokter infeksi priksa slanjutnya hernia mana yg benar dok sya takut klo smpe oprasi
2608 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, VATerima kasih atas pertanyaannya.Skrotum adalah kantung tempat testis berada.  Pembengkakan buah zakar atau skrotum dapat disebabkan oleh cedera ataupun penyakit yang mendasari.  Hal ini dapat terasa sakit atau tidak terasa sakit.  Beberapa kondisi jika tidak ditangani dapat berakibat gangguan pada testis.

Beberapa sebab pembengkakan pada skrotum :

  • Cedera
  • Orchitis atau infeksi akut pada testis.
  • Hernia
  • Pembuluh darah yang melebar pada skrotum.
  • Adanya hidrokel.
  • Infeksi atau peradangan pada kulit skrotum.
Perihal yang anda tanyakan, perbedaan diagnosis tergantung pada kondisi skrotum saat diperiksa.  Awal periksa kemungkinan adanya infeksi namun belum terlihat tanda hernia.  Setelah pemeriksaan lanjutan mungkin baru terlihat tanda dan gejala yang mengarah ke hernia.  Hernia terjadi karena melemahnya rongga perut sehingga organ seperti usus dapat keluar dalam hal ini turun hingga ke daerah selangkangan.  Selain itu tekanan yang berulang kali atau adanya cedera dapat berisiko untuk terjadinya hernia.

Tanda dan gejala dari hernia :

  • Adanya benjolan atau bengkak pada daerah yang terkena. Dapat terjadi di perut antara dada dan pinggul tetapi bisa juga muncul di perut bawah serta selangkangan.
  • Terkadangan bengkak akan terasa apabila batuk, membungkuk, ataupun kelelahan.
Hernia memang tidak dapat hilang tanpa ada tindakan operasi namun ada baiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter bedah mengenai penanganan yang dilakukan perlu tindakan operasi atau evaluasi keluhan anda beberapa waktu.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
herniahidrokelpembengkakanhernia inguinal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil