Buah yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi selama hamil muda apa ya?

Y1 Info Penanya: Y1, Wanita, 2019 Tahun
Dok, saya mau tanya. Buah yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi untuk ibu hamil muda apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Y

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebetulnya tidak ada buah yang wajib dihindari ibu hamil. Yang penting adalah melihat porsinya karena ada buah yang kandungan gula yang tinggi. Dan buah dalam bentuk jus atau yang dikeringkan malah lebih tinggi kadar gula dan kalorinya daripada yang dalam bentuk segar.

Kalau bisa pilih buah organik agar bebas pupuk dan pestisida, kalaupun tidak organik yang penting dicuci bersih sebelum dimakan. Kemudian bagian yang busuk dibuang karena cenderung mengandung bakteri. Kalau masuk kulkas jangan berbarengan daging mentah. Hindari buah yang sudah dipotong dan hanya minum jus buah yang sudah melalui proses pasteurisasi (jangan dari abang di pinggir jalan).

Buah yang bagus selama kehamilan seperti jeruk, manga, pir, alpukat, pisang, aprikot, pomegranat dan lainnya yang saya tidak bisa sebut satu per satu.

Jadi tidak ada pantangan makan buah malah kandungan nutrisi selain vitamin, ada serat, asam folat dan lainnya sangat penting untuk ibu dan bayi. Kecuali yang melarang mertua, orang tua atau suami lebih baik menurut saja daripada berdebat. Selamat ya atas kehamilannya. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebutuhan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan demi sang buah hati

Bumil Tak Perlu Risau, Ini Daftar Makanan Pengganti Susu untuk Ibu Hamil

Salah satu fakta melegakan untuk mereka yang tak suka susu: ibu hamil tidak wajib konsumsi susu hamil. Banyak alternatif pengganti susu untuk ibu hamil yang berasal dari makanan.