26 Dec 2020, 15:30Penyakit Lainnya

Buah yang baik untuk penderita asam urat?

P
Info Penanya: P0
Dok, buah apa ya yang bisa menurunkan asam urat?
782 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore POKadar asam urat tinggi atau disebut degan hiperurisemia dalam bahasa kedokteran disebabkan karena gangguan proses pembuangan asam urat melalui urin atau mengkonsumsi makanan yang tinggi purin. Asam urat merupakan komponen zat sisa hasil penguraian purin yang harus dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal melalui sistem kemih. Asam urat dikatakan tinggi bila melewati kadar 6mg/dl pada perempuan dan lebih dari 7mg/dl pada laki-laki. Bila memiliki kadar asam urat tinggi, sebaiknya mengkonsumsi makanan rendah purin dan menghindari makanan tinggi purin.

Buah Rendah Purin Yang Baik Untuk Asam Urat Tinggi

Secara umum buah-buahan memiliki kandungan purin yang rendah, berserat tinggi serta kaya antioksidan. Pilihlah buah yang mengandung purin kurang dari 50mg/100gram. Buah-buah rendah purin antara lain adalah  :
  • Apel
  • Jeruk manis
  • Anggur 
  • Melon Cantalope atau rock
  • Kurma
  • Pisang
Sedangkan buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bila memiliki asam urat tinggi adalah buah-buahan yang dapat menghasilkan alkohol di pencernaan seperti alpukat, durian, dan kelapa. Alkohol dapat meningkatkan metabolisme nukleotida yang menyebabkan semakin tingginya jumlah purin dalam tubuh sehingga kadar asam urat bisa bertambah.Selain itu penting pula untuk mengkonsumsi makanan rendah kolesterol pada orang dengan asam urat tinggi. Pasalnya walaupun tidak berhubungan secara langsung, pada penelitian didapatkan orang-orang yang memiliki penyakit metabolik seperti kolesterol tinggi sebagian besar juga memiliki asam urat yang tinggi.Berolahraga rutin 3-4x seminggu dan minum banyak air putih dapat membantu menurunkan asam urat dan kolesterol. Penting pula untuk tetap kontrol ke dokter secara rutin dan melakukan pemeriksaan kadar asam urat dan kolesterol secara berkala. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam mengenai penyakit asam urat dan kolesterol serta dokter spesialis gizi mengenai diet yang tepat untuk asam urat dan kolesterol.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL 
tips dietasam uratkolesterolbuah dan sayuran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil