Buah mahkota dewa untuk obati kista ampuhkah?

SL Info Penanya: SL
Dok, anak saya kebetulan punya kista di rahim. Efeknya sudah 3 tahun pernikahan anak saya belum juga punya anak. Beliau sudah minum buah mahkota dewa sebagai pengobatan herbal. Apa ini bisa membuatnya hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Mahkota dewa merupakan suatu tanaman obat berbuah dengan warna merah yang berasal dari Papua Indonesia. Tanaman ini banyak digunakan sebagai ramuan herbal karena memiliki banyak zat aktif yang dapat memberikan efek terhadap kesehatan seperti membantu mengontrol tekanan darah, kaya akan anti oksidan sehingga menjadi agen mencegah terjadinya kanker, anti inflamasi (radang), dan lain sebagainya.

Kista rahim atau kerap disebut dengan kista ovarium dalam istilah medis yaitu adanya sebuah kantung yang berisi cairan pada ovarium wanita. Adanya kista ini tentunya dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Terkait dengan pertanyaan Anda, untuk saat ini belum banyak penelitian yang menyatakan bahwa buah makota dewa efektif menyembuhkan kista.

Bilamana anak Anda mengonsumsi buah mahkota dewa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan terdekat. Karena mengonsumsi buah mahkota dewa secara berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan. Terkait dengan penyebuhan kista, tergantung dari ukuran kista tersebut. Pada beberapa kondisi, bisa mengecil sendiri atau sembuh, ada yang perlu diberikan pengobatan, ada juga yang perlu dilakukan tindakan.

Segeralah periksakan anak Anda ke dokter spesalis kandungan terdekat, konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang, hindari stres dan kelelahan, beristirahatlah dengan cukup, konsumsi air putih 7-8 gelas setiap hari agar tidak dehidrasi, serta lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami varises, vena dapat terlihat menonjol atau berliku-liku

Temukan Penyebab Varises dari Faktor-faktor Risikonya

Varises adalah kondisi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya di kaki dan tungkai. Penyebabnya adalah kurang olahraga, jarang bergerak, kehamilan, dan obesitas.