Buah dimakan biasanya manis dan mengandung gula apakah pantangan bagi penderita diabetes?

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Dok, saya mau nanya, setiap buah yang biasa dimakankan rasanya manis. Kalau manis berarti ada kandungan gula. Apakah itu berarti hampir setiap buah-buah yang rasanya manis merupakan pantangan bagi penderita diabetes?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam HS,

Buah buahan mengandung banyak serat, mineral penting bagi tubuh misal kalsium, magnesium, fosfor, fluor, kalium, natrium dll, selain itu buah juga mengandung vitamin diantaranya B1, B6 serta B12 yang berguna menjaga daya tahan tubuh serta melancarkan metabolisme tubuh. 

Buah juga mengandung gula yang menyebabkan rasa manis. Adapun gula dalam ilmu kimia terbagi atas gula sederhana yakni Monosakarida dan komplex atau gabungan dari gula sederhana yang dinamakan Disakarida. Kandungan gula sederhana dibagi lagi menjadi glukosa, fruktosa & galaktosa. 

Di dalam buah terdapat kombinasi antara glukosa serta fruktosa yang berbeda beda antara satu buah dengan yang lain. Buah yang mengandung fruktosa lebih tinggi daripada glukosa lebih aman dikonsumsi penderita diabetes dan sebaliknya jika buah mengandung banyak glukosa maka tidak aman bagi penderita diabetes.

Adapun buah yang mengandung fruktosa lebih tinggi daripada glukosa dan aman bagi penderita diabetes yakni :
  • Jeruk
  • Alpukat
  • Buah pir
Buah yang mengandung glukosa lebih tinggi dan pantangan bagi penderita diabetes yakni :
  • Mangga
  • Durian
  • Nangka
  • Pisang

Bersama ini saya sertakan artikel 7 Langkah mudah mencegah diabetes.

Konsultasikan dengan dokter gizi klinik apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jus untuk diet punya banyak manfaat, tapi ada juga bahayanya

Jus untuk Diet Memang Baik, Tapi Ada Juga Bahayanya

Mengonsumsi jus untuk diet tidak boleh berlebihan karena malah akan mengganggu kesehatan Anda. Kenali kebutuhan kalori Anda dan sesuaikan dengan komposisi sayur dan buah yang akan Anda gunakan.