apakah bisa hamil jika hubungan menggunakan kondom?

MN Info Penanya: MN
Dok sy berhubungan dgn pacar saya pake kondom. Jadi pas pake kondom pacar saya salah make, yang luar dipake di bagian dalam (udah kena cairan semen ny) trus dibalikin Trus abis itu dimasukin ke mis v saya.Apa sy bs hamil dok??Tgl 1-5 sy mens, sy berhubungan tgl 9. Mens teratur siklus sy biasa ny 31 hari. Itu masa subur sy bkn y
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MN,

Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, jadi jika menggunakan kondom saat berhubungan seksual dan dilakukan dengan benar maka bisa mencegahnya.

Apabila ada ejakulasi lalu kondom dibalik bisa saja ada cairan sperma yang menempel, memang kemungkinannya kecil tapi bisa saja membuahi terutama jika kondom tidak mengandung cairan spermisida atau pembunuh sperma.

Jika setelah berhubungan ada menstruasi maka tidak hamil, tapi jika ada terlambat menstruasi bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan alat testpack.

Perhatikan juga tanda kehamilan seperti:

  • Nyeri payudara
  • Terlambat haid
  • Mual dan muntah
  • Sensitif dengan bau
  • Terasa nyeri perut
  • Ada flek darah

Jika belum siap dengan kehamilan atau belum menikah, ada baiknya lebih bijak dalam berbuat dan hindari hubungan diluar nikah karena bisa berisiko terjadi kehamilan dan juga bisa berisiko terjadi penularan infeksi menular seksual ataupun infeksi HIV. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan hubungan seksual dengan perlahan tapi pasti dapat dijadikan salah satu tips seks untuk usia lanjut

5 Tips Seks yang Bisa Anda Coba Seiring Bertambahnya Usia

Disfungsi ereksi hingga libido rendah seringkali menjadi tantangan seksual bagi pasangan yang sudah berusia lanjut. Namun, ada beberapa tips seks untuk usia lanjut, seperti melakukannya dengan perlahan tapi pasi, eksperimen posisi hingga onani atau masturbasi.