10 Dec 2020, 20:33Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengatasi bruntusan?

AF
Info Penanya: AF0
selamat malam dok, maaf dok saya mau tanya cara menghilangkan bruntusan di dahi dengan benar kira kira pakai apa ya dok, trimakasih dok sebelumnya
268 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaBruntusan adalah adanya permukaan kulit yang tidak rata. Biasanya burntusan ini identik dengan adanya bentol-bentol kecil atau bintik-bintik ekcil pada permukaan kulit, terutama pada wajah. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, sehingga harus disesuaikan juga dengan penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi bruntusan berdasarkan penyebabnya:

  • Jerawat, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti tea tree oil, air lemon, cuka apel, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga bsia menggunakan produk perawatan kulit yang mengadung benzoil peroxida, retinol dan lain lain.
  • White head komedo (komedo piutih), sama dengan jerawat Anda juga bisa menggunakan retinoid, dan juga pastikan Anda menggunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kult Anda pada pagi dan siang hari.
  • Milia, Anda bisa melakukan cryotherapy, chemical peeling, laser atau menggunakan krim retinoid.
  • Biang keringat, Anda bisa mengoleskan lotion calamine.
  • Dermatitis, Anda bisa memberikan kompres dingin, mengatasi stres, menjaga kelembaban kulit dengan mengoleskan lotion.
  • Alergi, Anda bisa menghindari faktor pencetus alergi, oleskan lotion calamine dan berikan kompres dingin
Terkait dengan keluhan bruntusan yang terjadi pada Anda, harus dipasktikan terlebih dahulu penyebab dari bruntusan tersebut sehingga bisa dientukan tatalaksana yang akan dilakukan. Oleh karena itu, segeralah lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit terdekat. Pastikan Anda tetap konsumsi makanan bergizi, konsumsi buah dan sayur, minum air putih cukup, menggunakan lotion sesudah mandi, dan lakukan olahraga rutin agar kesehatan tubuh dan kesehatan kulit Anda tetap terjaga.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan kulittips kesehatanmasalah kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil