Bronkitis yang tidak kunjung sembuh

PD Info Penanya: PD, Wanita, 31 Tahun
Saya pernah ronsen paru dok dan didiagnosa mengalami penyakit bronkitis.selain itu saya juga mengalami sesak dan sring masuk rumah sakit.penyakit yang saya derita ini cukup lama sekitar 12 tahun.dan dlm beberapa bulan belakangan ini saya sering batuk berdahak dan hampir seminggu batuk saya mengeluarkan darah.apakah itu pengaruh dari bronkitis saya dok.dan sebenarnya penyakit bronkitis itu apa sih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PD,

Bronkitis adalah peradangan yang menyerang saluran napas di bagian bronkus, dimana bronkus sendiri merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh, bronkus ini akan memproduksi lendir bila ada debu atau benda asing lainnya yang masuk dan menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Bronkitis dapat bersifat akut dan kronis, digolongkan kronis bila bronkitis berlangsung selama lebih dari 3 bulan. Banyak faktor yang memicu terjadinya bronkitis seperti :

  1. Asap rokok, baik pada perokok aktif maupun pasif.
  2. Daya tahan tubuh rendah, sehingga memudahkan seseorang terserang virus atau bakteri.
  3. Faktor lingkungan, baik lingkungan rumah atau tempat kerja.
  4. Asam lambung meningkat. Cairan asam dari lambung yang naik ke tenggorokan akan dianggap sebagai benda asing oleh tubuh, sehingga bronkus akan menghasilkan lendir lebih banyak dan tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk.

Bronkitis yang berkelanjutan dapat mengeluarkan dahak yang disertai darah. Namun ada beberapa penyakit lain yang memiliki gejala batuk berdarah seperti:

  1. TBC. Penderita akan merasakan demam, keringat malam, penurunan berat badan, hingga sesak napas.
  2. Kanker paru. Kanker ini sering disebabkan oleh paparan asap rokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif.
  3. Bronkiektasis.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan dirumah untuk mengurangi keluhan batuk berdarah seperti minum air madu hangat, jahe hangat, atau sediakan baskom berisi air panas yang sudah dicampur beberapa tetes minyak peppermint kemudian hirup uap panasnya, selain itu bisa dengan cara berkumur dengan air hangat yang sudah diberi sedikit garm.

Bila keluhan batuk berdarah sudah dirasakan 1 minggu atau sampai muncul keluhan sesak, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis paru untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kanker paru sangat berbahaya, tetapi tidak berarti tidak bisa dicegah

Kanker Paru: Ciri Ciri Penyakit Paru Paru di Pria Indonesia

Ciri-ciri penyakit paru paru berupa kanker paru berbeda antara pria dan wanita serta tergantung dari jenis kanker paru yang diderita.