Bronchitis kronik apakah bisa sembuh?

KK Info Penanya: KK
Saya pernah batuk dan di diagnosa bronchitis cronic, dulu sering kambuh tapi sudah menjalani pengobatan.Saya merasa sudah sehat, tetapi tiap kali foto thorax, selalu diagnosanya bronchitis cronic.Apakah memang tidak bisa hilang bronchitis cronic tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore KK,

Bronkitis adalah adanya peradangan ataupun infeksi pada saluran napas tepatnya diarea bronkus. Bronkitis sendiri bisa terjadi secara akut dan juga bronkitis kronis apabila bronkitis akut tidak sembuh dalam beberapa minggu.

Gejala penyakit bronkitis kronis

Penyakit bronkitis sendiri dapat menimbulkan gejala seperti:

  • Batuk 
  • Sesak
  • Demam
  • Nyeri dada
  • Gangguan napas
  • Bau napas yang khas
  • Badan terasa lelah

Tidak jarang keluhan bronkitis bisa terpicu oleh adanya paparan alergen seperti kebiasaan merokok, paparan debu, polusi udara ataupun alergen lain. Bronkitis kronis sendiri adalah kondisi yang akan terus ada dan tidak bisa benar-benar sembuh total sehingga setiap kali rontgen akan menimbulkan gambaran bronkitis kronis.

Untuk bisa mengelola bronkitis kronis dan mencegah agar tidak kambuh dan tidak mengganggu, maka perlu dihindari pemicunya. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih sering, pakai masker jika berada diluar rumah, konsumsi obat batuk dan obat alergi jika perlu, konsumsi makanan yang bernutrisi baik dan olahraga teratur. 

Periksakan diri pada dokter spesialis paru jika keluhan sering kali kambuh agar dilakukan pemeriksaan lanjutan dan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspadai bahaya yang mengintai akibat tembok berjamur bagi kesehatan Anda

4 Dampak Buruk Tembok Berjamur Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Tembok rumah jadi tempat yang nyaman bagi jamur untuk berkembang biak. Maka dari itu, waspadai bahaya yang mengintai akibat tembok berjamur bagi kesehatan Anda.