02 Jul 2020, 19:53Gigi & Mulut

Pasang behel di tukang gigi, apakah aman ?

Z
Info Penanya: Z0
dok saya mau tanya, saya kan pasang behel di tukang gigi biasa, mungkin behel yang saya pake palsu tapi yang perawatan gitu, jadi harganya lebih mahal dari yang buat gaya gayaan. apakah itu aman dok?
13166 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, Z.Pasang behel atau kawat gigi merupakan prosedur medis pada gigi yang bertujuan untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi. Umumnya dokter gigi Spesialis Ortodonti (Sp.Ort) atau yang bergerak dalam bidang estetika gigi, mulut dan rahang yang akan menangani pemasangan behel. Selain baik secara estetika, pemasangan behel juga beguna bagi kesehatan, khususnya pada kondisi medis maloklusi atau susunan gigi yang berantakan karena berbagai faktor pemicu seperti faktor genetika atau keturunan.Mengenai pertanyaan Anda, pada dasarnya pemesangan behel atau kawat gigi sebaiknya dilakukan dengan indikasi yang sesuai dan bukan karena faktor gaya-gayaan. Pasalnya penggunaan behel pun dapat memberikan dampak yang tidak baik jika digunakan tanpa indikasi yang sesuai.

Adapun dampak buruk penggunaan behel yang tidak sesuai indikasi, antara lainnya ialah :

  • meningkatkan risiko penumpukan plak sebagai cikal bakal karang gigi dan gigi berlubang karena makanan lebih mudah menyangkut
  • mengikir lapisan gigi yang paling luar
  • menimbulkan masalah pada gusi
  • gigi malah menjadi tidak rapi
  • berkurangnya panjang akar gigi
  • dan lain-lainnya
Untuk menghindari keadaan yang tidak diinginkan diatas maka ada baiknya penggunaan behel dilakuakan sesuai indikasi yang terlebih dahulu diperiksa oleh ahli yakni dokter Gigi Spesialis Ortodonti dan berikut pula pemasangannya. Pemasangan gigi di tempat lain selain dokter gigi yang ahli tidak dapat terjamin keamanannya dan terdapat berbagai risiko yang perlu Anda terima jika hasil yang terjadi kemudian tidak sesuai keinginan atau bahkan menimbulkan gangguan secara medis.Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Gigi.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. 
 
Salam sehat, 
 
dr. Rahmita Dewi
kesehatan gigikesehatan mulutkawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil