15 Feb 2021, 01:38Kandungan

Apakah melahirkan dapat menggunakan kartu BPJS atau KIS sebelum menikah ?

AR
Info Penanya: AR0
Hallo docter.. sya sbntar lg mau melahirkan,, mau tanx nih doc.. sebelum menikah sya kan ada BPJS KIS PBI,, tpi sya sudah punx kartu keluarga sendiri sma suami sya pas nikah.. apakah BPJS KIS PBI sya yg sebelum nikah dapat di gunakan pda saat melahirkan di rumah sakit ataupun di puskesmas? Mohon penjelasannya docter.. terimakasih ??
1138 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, A.Salah satu manfaat yang dapat kita gunakan sebagai pemiliki kartu BPJS atau KIS adalah fasilitas kesehatan yang ditanggung pemerintah, termasuk pemeriksaan kehamilan, persalinan, maupun tindakan operasi sesar jika dibutuhkan. Semua proses ini tidaklah mudah dan tidak memakan biaya yang sedikit sehingga memiliki kartu BPJS atau KIS sangat membantu.

Apakah melahirkan dapat menggunakan kartu BPJS atau KIS sebelum menikah ?

Kartu BPJS atau KIS dapat digunakan untuk pemeriksaan selama kehamilan atau persalinan jika kartu tersebut dalam keadaan aktif. Untuk memastikan kartu dalam keadaan aktif, Anda dapat memeriksa di aplikasi BPJS yang dapat didownload melalui hanphone. Selain itu Anda juga dapat menanyakan langsung ke kantor BPJS terdekat.Jika kartu BPJS atau KIS dalam keadaan mati, maka urus pengaktifan kartu kembali dengan membawa kartu keluarga dan KTP. Sehingga saat bersalin tidak mengalami kendala dalam pembayaran.Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan diri terlebih Anda dalam keadaan hamil dimana nutrisi bukan hanya untuk Ibu tapi juga untuk perkembangan janin. Selalu konsumsi makanan bergizi dan suplemen kehamilan seperti zat besi, asam folat, kalsium serta vitamin lainnya. Jangan lupa untuk kontrol kesehatan di dokter spesialis kandungan selama hamil.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bpjs kesehatanmenjaga kehamilanbpjs ibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil