07 Jan 2021, 17:01Penyakit Lainnya

Apakah belum melepas pen pada tulang setelah 1,5 tahun berbahaya ?

AW
Info Penanya: AW0
Selamat sore Dok..sya mau tny Dok,ank saya pasang pen di sikunya bln 6 2019 kmrn..pas bln 1 2020 sya dtng lgi untuk melepaskn pen cma dokter spesialis tulang ny blang nanti aja bln 6 setelah kenaikan kelas kalau skrng nanti trganggu kegiatan belajar sklh ank itu sblm covid dn sya ikut aja srn dokter cma wkt bln 6 covid19 msh merebak dn RS yg sya tuju mlh tmpt tuk pasien covid.skrng dah bln 1 2021 pen ank sya blm jg dilepas..prtnyaan sya dok apakh hrs cptny pen ank sya dilepas krn sdh 1,5thn..
194 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Pemasangan pen pada tulang yang patah akibat kecelakaan, trauma benturan, terjatuh, pukulan, tendangan, bertujuan untuk menyambung tulang yang patah tersebut menjadi bentuk yang normal kembali. Selain pemasangan pen, tulang dapat tersambung kembali dengan penggunaan gips atau semen buatan pada bagian yang patah.

Apakah belum melepas pen pada tulang setelah 1,5 tahun berbahaya ?

Pen merupakan stainless steel atau titannium yang digunakan dalam menyambung tulang yang patah. Saat tulang sudah menyatu dengan sempurna, maka pen dapat dilepas kembali. Namun saat seseorang belum melepaskan pen karena alasan tertentu, seperti yang Anda alami yaitu RS yang dituju digunakan untuk penanganan covid 19, maka pelepasan pen menjadi tertunda. Hal ini tidak masalah selama Anda merasa pen tidak menganggu aktifitas Anda, dan tidak menimbulkan alergi atau rasa sakit.

Apa yang harus dilakukan untuk memiliki tulang yang kuat ?

Anda harus menjaga kesehatan badan, termasuk tulang dengan makan makanan yang berigizi seimbang, tinggi akan kalsium seperti susu,kavcang kedelai, bayam, olahraga ringan secara rutin yang tidak memperberat anggota tubuh yang dipasang pen, istirahat cukup dan berkualitas selama 7 hingga 8 jam sehari.Anda dapat berkonsultasi secara langsung atau secara online jika ada keluhan atau pertanyaan tentang tulang dan pelepasan pen kepada dokter spesialis orthopedi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tips olahragapatah tulangkesehatan tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil