Bolehkan operasi secar dalam keadaan gusi bengkak ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Hallo dok, 3 hari lg sy sudah dijadwalkan untuk operasi sc. Namun tbtb gusi sy bengkak dan mengeluarkan nanah. Tp tidak sakit. Hanya bengkak dan bernanah saja. Apakah bisa dok dengan kondisi seperti itu dilakukan operasi secar. Mohon penjelasan nya. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WI.

Operasi Caesar atau yang dalam istilah medis dikenal dengan Sectio Caesarea (SC) adalah tindakan medis yang bertujuan membantu melahirkan bayi lewat luka sayatan yang sengaja dibuat di bagian di perut dan rahim Ibu, sebagai jalan lahir alternatif bagi bayi. SC umumnya dilakukan atas indikasi medis tertentu yang dinilai dapat berbahaya saat Ibu melahirkan secara normal. Namun demikian, SC pun memilki berbagai risiko.

Pada operasi SC, prosedur tindakan yang dilakukan adalah menyayat dinding perut Ibu yang berawal dati lapisan otot, ligamen, jaringann lemak hingga jaringan ikat. Setelah menemukan rahim, dokter kemudian memberikan sayatan yang merupakan jalan lahir baru bagi bayi. Setalah proses kelahiran benglangsung, ari-ari (plasenta) perlu dikeluarkan dengan bersih. Selanjutnya proses terkahir yang juga menentukan yakni penutuoan kembali luka sayatan dengan prosedur penjahitan.

Mengenai pertanyaan Anda, sejatinya operasi SC harus dilakukan ketika kesehatan Ibu dalam keadaan yang prima. Kendati terdapat berbagai kondisi medis yang menjadi kontraindikasi operasi SC, gusi bengkak bukanlah salah satu kontraindikasi yang mutlak. Pertimbangan yang akan dilakukan saat Ibu hamil memiliki gusi bengkak yang bernanah adalah tanda-tanda vital dapat menjadi tidak stabil, khususnya peningkatan detak jantung atau nadi serta tekanan darah dan lain-lainnya.

Maka dari itu, cobalah untuk berkonsultasi kembali pada dokter Kandungan Anda untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ruptur perineum atau robekan jalan lahir saat persalinan

Mengenal Tingkatan Ruptur Perineum dan Cara Pencegahannya

Ruptur perineum atau robekan jalan lahir bisa dicegah dengan berbagai macam metode. Untuk menangani ruptur perineum, dokter Anda perlu melihat tingkatannya.