09 Mar 2020, 17:47Kandungan

Bolehkan ibu hamil sering berhubungan seks?

RL
Info Penanya: RL0
Saya rini 29 tahun dok. sekarang ini lagi hamil anak pertama usia kehamilan 15 minggu. apakah ibu hamil seperti saya masih boleh berhubungan sex? dan seberapa sering bolehnya? karena perut saya sudah mulai membesar dok takut anak kenapa2
45908 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, RL.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.
Kehamilan adalah proses yang terjadi ketika sel sperma pria membuahi sel telur wanita, kemudian sel telur menempel di dinding rahim. Kehamilan adalah sesuatu yang dinanti-nantikan pasangan suami-istri, seperti yang Anda alami saat ini.Pada saat hamil, terjadi perubahan hormon di dalam tubuh wanita. Hormon estrogen dan progesteron yang meningkat memengaruhi libido, sehingga terkadang ibu hamil juga menginginkan hubungan seks. Namun, pada saat yang sama, kedua hormon ini juga menyebabkan perasaan kelelahan, sehingga libido bisa naik-turun.Saat hamil berusia lima belas minggu, Anda tentu masih boleh berhubungan seks. Adalah mitos bahwa berhubungan seks akan menyakiti janin, atau memberikan infeksi bagi janin. Janin diselimuti oleh lapisan ketuban yang kuat, otot rahim, lendir, dan mulut rahim, sehingga aman di dalam. Satu hal yang membahayakan adalah gerakan penetrasi yang terlalu dalam, dan keluar-masuk terlalu cepat.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan hubungan seks saat hamil:

  • Anda dapat melakukan hubungan seks pada saat yang membuat Anda nyaman. Misalnya pada pagi hari, saat kadar testosteron pria berada di titik tertinggi; atau saat malam hari ketika kondisi rileks.
  • Untuk frekuensi, sebaiknya tidak lebih dari tiga kali seminggu. Ibu hamil lebih rentan terkena infeksi saluran kemih (ISK).
  • Posisi seks yang terbaik bagi ibu hamil adalah spooning (miring), karena akan memberikan rasa nyaman dan intim. Selain itu, Anda juga bisa mencoba posisi women on top atau doggy style. 
Jangan lupa untuk kontrol berkala ke dokter spesialis kandungan untuk memantau kondisi ibu dan janin secara berkala, ya.Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
hubungan sekssekshamilkehamilantips seks
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil