Bolehkah tidur setelah makan ?

K Info Penanya: K, Wanita, 27 Tahun
Mitos ap fakta dok abs makan ga blh tidur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, K.

Apakah habis makan gak boleh tidur? jawabannya sebenarnya masih kontroversial. Beberapa ahli berpendapat bahwa pola makan, kebiasaan, mempunyai riwayat penyakit tertentu juga menentukan. Seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sebelum tidur dan dalam jumlah banyak dapat berdampak negatif pada kesehatan anda seperti peningkatan berat badan/gemuk sehingga sebaiknya hindari makan sebelum tidur. Namun banyak ahli gizi berpendapat makan sebelum tidur tidaklah apa-apa, karena membuat tidur makin lelap ataupun setelah mengkonsumsi makanan ringan yang sehat.

Pada individu yang mempunyai penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) sebaiknya jangan tidur setelah habis makan karena dapat menyebabkan keluhan GERD anda makin parah karena reflux asam lambung ke tenggorokan, sebaiknya tidur 2-3 jam setelah habis makan. Jika terpaksa, tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selenium adalah salah satu mineral mikro dengan fungsi dan manfaat yang menakjubkan

Mengenal Selenium, Mineral dengan Fungsi dan Manfaat yang Menakjubkan

Sebagai salah satu mineral mikro, selenium menjalankan fungsi penting untuk tubuh. Tak hanya itu, selenium juga memiliki manfaat kesehatan. Manfaat selenium tersebut termasuk mencegah kanker, lho!