Bolehkah Terbang dalam Kondisi Hamil?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 24 Tahun
Dokter saya ingin bertanya.. Saya Chacha,, umur saya 24th,Sebentar lagi saya melahirkan ya dok, rencana saya mau melahirkan dikampung halaman saya di kalimantan barat sana,, tepatnya di singkawang,, nah saya otomatis naik pesawat ya dok, nah otomatis juga pasti saya nanti minta surat keterangan hamil, & data hamil, then pasti cek di dokter bandara juga ya dok,Nah yang mau saya tanyakan dok..Baby saya ini kan posisi nya sudah padat tempat nya (siap lahir) apakah berbahaya/tidak jika saya melakukan penerbangan tersebut dok? Karena trkadang baby saya suka tiba2 nendang tanpa aba2 gitu...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, C

 

Saat sedang hamil biasanya tetap boleh terbang dan tidak berbahaya untuk bayi jika kehamilannya normal. Kebanyakan maskapai membatasi sampai kehamilan 36 minggu, atau lebih muda bila hamil kembar.

Untuk yang hamil trimester pertama biasanya masih mual dan mudah lelah jadi kurang nyaman untuk terbang.

Sebelum berangkat bicarakan dulu dengan Dokter Kandungan anda. Kemudian pastikan di tempat tujuan anda bila terpaksa kira-kira melahirkan dimana dan fasilitasnya bagaimana.

Setelah ada surat keterangan hamil dan diperiksa dokter bandara, pastikan juga sebelumnya peraturan dari maskapainya. Terutama yang sudah hamil besar.

Resiko bekuan darah ketika terbang

Penerbangan lebih dari 4 jam meningkatkan resiko terjadinya bekuan darah / trombosis. Menggunakan stocking khusus dapat mengurangi resiko trombosis dan cairan tertahan di kaki (edema). Gunakan pakaian yang longgar dan bila memungkinkan sejenak berjalan di lorong pesawat.

Sediakan persiapan obat mual dan kembung. Perjalanan keluar negeri bisa terpapar bakteri penyebab diare. Sebaiknya siapkan juga obat diare untuk jaga-jaga.

Have a safe trip.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos kehamilan yang tidak dapat dipercaya adalah makan nanas dapat mengakibatkan keguguran

Bumil Jangan Percaya dengan 5 Mitos Kehamilan yang Tidak Terbukti Ini

Ada banyak mitos kehamilan yang tidak seharusnya dipercaya dan justru bagus jika dilakukan dengan benar, seperti mengonsumsi nanas secukupnya dan melakukan hubungan seksual saat hamil.