Konsumsi obat kapsul batu ginjal, apa boleh di buka ?

NS Info Penanya: NS, Pria
Ijin bertanya dok, saya sudah satu bulan ini mengkonsumsi obat kapsul renax untuk membantu meluruhkan batu di ginjal saya yang seukuran 0,35 cm .Yang saya mau tanyakan saya merupakan salah satu orang yang tidak bisa minum obat kapsul secara langsung, apakah di bolehkan minum obat kapsul renax dengan cra di buka terlebih dahulu?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NSP.

Batu ginjal adalah pembentukan kristal mineral dan garam yang menyerupai batu di dalam ginjal. Penyebab dari batu ginjal hingga saat ini belum dapat dipastikan.

Namun terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, diantaranya adalah :

  • faktor genetika atau keturunan
  • kurang mencukupi kebutuhan air putih perharinya
  • diet atau konsumsi tertentu, seperti tinggi garam, protein dan gula
  • kelebihan berat badan (obesitas)
  • ganggguan pencernaan dan riwayat operasi
  • konsidi medis lainnya

Pengobatan batu ginjal umumnya tergantung kepada ukuran dari batu yang terbentuk. Pada ukuran yang kecil, dokter mungkin akan menyarankan konsumsi obat tertentu untuk memecah batu.

Terkait dengan pertanyaan Anda, obat peluruh batu ginjal dapat tersedia dalam beberapa sediaan, salah satunya kapsul. Obat kapsul ini merupakan salah satu jenis sediaan obat yang padat di dalam suatu bungkus berbentuk tabung keras atau lunak yang dapat larut dalam air. Umumnya tujuan dari bungkus kapsul justru untuk menutupi rasa pahit dan memudahkan untuk menelan. Adapun tujuannya agar dapat terurai di saluran penceranaan tertentu yang lebih dalam. 

Akan tetapi jika Anda kesulitan mengonsumsi dalam bentuk kapsul, maka boleh saja dibuka untuk sementara, namun untuk kelanjutannya saat kontrol kembali pada dokter Anda, ada baiknya dikomunikasikan agar dapat diberikan alternatif obat dengan sediaan lainnya yang sesuai untuk Anda tanpa mengurangi efektifitasnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum obat dengan teh memang dapat membantu menyamarkan rasa pahit dari obat yang dikonsumsi

Jangan Minum Obat dengan Teh Manis, Ini Penjelasannya

Untuk mengurangi rasa pahit yang muncul dari obat, sebagian orang memilih minum obat dengan teh sebagai pengganti air putih. Teh yang digunakan pun beragam, mulai dari teh manis hingga teh tawar. Lantas, apa bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan ini?