27 Sep 2021, 12:22Kandungan

Bolehkah rontgen saat hamil?

S
Info Penanya: S0
Dokter, saya sedang hamil tapi ada beberapa keluhan yang mengharuskan melakukan rontgen. Apakah boleh rontgen saat hamil? Apa efek samping dan bagaimana tips menjalankan ini agar lancar?
94 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, S.Kehamilan harus dijaga dengan baik karena ibu hamil yang sehat akan membuat janin yang ada di kandungan juga tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun walau sudah menjaga kesehatan ibu hamil tetap rentan mengalami penyakit.

Apakah boleh rontgen saat hamil ?

Beberapa keluhan perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab sehingga dokter dapat melakukan terapi dengan tepat. Salah satu pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan rontgen. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa sinar X pada rontgen tidak mempengaruhi janin sehingga aman digunakan. Namun ibu hamil tetap tidak boleh melakukan rontgen terlalu sering karena paparan sinar X terus menerus dapat merusak sel-sel tubuh janin dan ibu.Jadi jika memang dokter meminta Anda untuk melakukan rontgen maka dokter telah mempertimbangkan baik dan buruk pemeriksaan tersebut terhadap janin maupun ibu yang mengandung. Lakukan sesuai saran dari dokter dan selalu jaga kesehatan.Pastikan Anda mengenakan baju yang nyaman, tidak menggunakan kalung, anting dan BRA berkawat sebelum rontgen. Lakukan olahraga, makan bergizi, minum vitamin agar ibu dan janin selalu sehat. Konsultasi ke dokter kandungan jika memiliki keluhan seputar kehamilan Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilolahraga ibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil