08 Aug 2020, 09:11Penyakit Lainnya

Bolehkah penderita diabetes sarapan oats?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, apakah boleh saya mengganti sarapan pagi saya yang biasanya oats? Kebetulan saya punya riwayat diabetes dok. Mohon infonya.
2873 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Oats berasal dari biji gandum kering, yang mengandung banyak zat gizi seperti vitamin B, kalsium, zat besi, magnesium, dan serat. Oats memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya melancarkan buang air besar, menyehatkan tulang, maupun mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori apabila dijadikan masker wajah.Oats merupakan salah satu makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat. Oats tergolong ke dalam karbohidrat kompleks, yang lebih lambat dalam menaikkan gula darah ketimbang karbohidrat simpleks. Pada penderita diabetes, memang karbohidrat kompleks seperti oats-lah yang direkomendasikan.Oleh karena itu, mengonsumsi oats sebagai sarapan diperbolehkan, ya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks lainnya seperti beras merah, roti gandum, quinoa, buah-buahan, ataupun sayur-mayur.Imbangi karbohidrat kompleks dengan zat gizi lainnya, yaitu:
  • Lemak sehat, yang bisa Anda dapatkan dari minyak kelapa, minyak zaitun, maupun telur
  • Protein, misalnya dari tahu, tempe, kacang-kacangan, daging, ikan, atau ayam
  • Vitamin dan mineral, dari buah dan sayur-mayur
Jangan lupa juga untuk minum air putih secara teratur, ya. Lalu, selain memperhatikan pola makan, penderita diabetes sebaiknya melakukan aktivitas secara rutin 30 menit per hari. Pantau gula darah secara berkala, dan segera periksakan kepada dokter spesialis penyakit dalam apabila ada keluhan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
diabeteskomplikasi diabeteskarbohidrat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil