23 Jul 2020, 13:46Perut

Bolehkah penderita asam lambung mengonsumsi sayur oyong?

SL
Info Penanya: SL0
Pagi dokter, kebetulan saya menderita asam lambung. Bolehkah saya mengonsumsi sayur oyong sebagai makan siang? Mohon infonya ya dok.
16772 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaSelain disebut dengan oyong sayuran ini juga kerap kali disebut dengan istilah gambas oleh masyarakat di Indonesia. Sayuran ini berbentuk lonjong, dengan tumbuhan merambat dan dalamnya berwarna putih. Sayuran ini mengandung karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, mengandung meneral dan juga mengandung protein. Sayuran ini bisa dikonsumsi oleh segala lapisan usia dan cenderung aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Namun, sebaiknya pastikan Anda mengonsumsi sayur oyong ini dalam batas secukupnya dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan, pada beberapa orang mengonsumsi sayur oyong secara berlebihan dapat menyebabkan perut terasa kembung.

Adapun beberapa manfaat dari mengonsumsi sayuran oyong adalah:

  • Mencegah penyakit diabetes mellitus
  • Menjaga kesehatan jantung dan juga otak
  • Membantu dalam mempercepat penyembuhan luka
  • Membantu meredakan nyeri otot dan juga nyeri sendi
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan,s eperti mengatasi sembelit
  • Membantu menjaga kesehatan kulit seperti kulit kering, kulit berjerawat dan lain sebagainya
  • Membantu dalam menurunkan berat badan
  • Membantu mengatasi Anemia
Cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi sayur oyong adalah dengan mengupasnya, kemudian memotong-motong dan mencucinya.Sayur oyong ini bisa dimasak menjadi sop dipadukan dengan sayur lain seperti wortel, bayam, atau bisa juga dengan ditambahkan bihun. Konsumsilah sayur oyong secukupnya, dan tetap usahkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya, cukupi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi, serta rutinlah melakukan olahraga ringan. Apabila Anda memiliki riwayat asam lambung yang meningkat, pastikan Anda tidak menunda jam makan dan menghindari stres. Bila terdapat keluhan terkait dengan kesehatan pencernaan Anda, periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
asam lambungmakanan sehattren kesehatantips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil