Bolehkah panas dalam minum ademsari

SL Info Penanya: SL
Bolehkah panas dalam minum ademsari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SL

Adem sari merupakan obat untuk membantu meredakan gejala panas dalam seperti tenggorokan yang kering, sariawan, dan bibir pecah-pecah yang termasuk golongan penyegar yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Adem sari bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa. Pada ibu hamil atau menyusui, penggunaan adem sari belum diketahui pengaruh penggunaan terhadap ibu hamil atau menyusui dan belum didapatkan gejala-gejala penggunaan adem sari pada ibu hamil. Sediaan adem sari dalam bentuk kaleng atau serbuk.

Mengonsumsi Adem sari juga harus hati-hati dan perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini, seperti:

  • Adem sari memiliki kandungan yaitu  fenilalani, jadi tidak boleh dikonsumsi pada penderita phenylketonuria dan wanita hamil dengan kadar fenilalanin tinggi.
  • Penderita maag atau riwayat maag perlu berhati-hati sebelum minum Adem Sari. Karena Adem Sari bersifat asam dan bisa mengikis lambung dan menyebabkan asam lambung meningkat, mual sampai muntah, dan nyeri ulu hati

Jadi pada keadaan panas dalam Anda boleh konsumsi adem sari dengan memperhatikan beberapa hal dari aspek kesehatan Anda juga. Jika keluhan panas dalam Anda belum redah atau menimbulkan suatu reaksi alergi setelah mengkonsumsi Adem Sari, sebaiknya Anda konsultasikan langsung ke dokter terdekat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

 

dr. Anugerah

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.