Bolehkah orang diabetes minum madu dan donor darah?

N Info Penanya: N, Pria, 46 Tahun
Bolehkah orang kena diabetes, minum maduBolehkah orang DM, ikut donor darah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N

Madu tetap sama dengan gula sehingga tidak ada manfaatnya mengganti gula dengan madu pada penderita diabetes karena keduanya akan mempengaruhi kadar gula darah. Namun karena madu lebih manis daripada gula, Anda dapat menggunakan madu dalam jumlah yang lebih sedikit daripada gula di dalam resep makanan. Namun jumlah karbohidrat dan kalori per sendok teh madu malah lebih tinggi daripada gula. Jadi keuntungannya hampir tidak ada dan sama saja dengan gula. Sehingga jumlahnya juga tetap harus diawasi dan dibatasi.

Penderita diabetes tetap boleh donor darah. Yang jadi perhatian dalam hal ini apakah gula darahnya terkontrol dan pengobatan apa yang digunakan untuk mengkontrol gula darahnya. Karena obat tersebut dapat berpengaruh pada penerima darah. Anda tetap harus dalam kondisi baik, dalam artian tekanan darah normal, detak jantung normal dan pemeriksaan dasar lainnya.

Saya lampirkan artikel mengenai Hal yang Perlu Diketahui Penderita Diabetes Selain Cara Menurunkan Gula Darah.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gula darah tinggi tidak hanya bisa dideteksi melalui alat pengukur gula darah, tetapi terdapat gejala, seperti sakit kepala dan kelelahan

Waspada Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi yang Berbahaya Bagi Pria!

Diabetes pada pria dapat memengaruhi kesuburan. Oleh karenanya, penting bagi kaum pria untuk mengenali ciri-ciri gula darah tinggi yang perlu diwaspadai, karena kadar gula darah yang tinggi tidak hanya bisa dideteksi melalui alat pengukur gula darah saja.