04 Oct 2021, 13:20Penyakit Lainnya

Bolehkah olahraga saat perut kosong?

O
Info Penanya: O0
Dokter, saya sering sekali melakukan olahraga pagi hari tapi dalam keadaan perut kosong. Namun, banyak yang bilang olahraga saat perut kosong tidak baik. Apakah itu benar? Memangnya, apa efek samping dari olahraga saat perut kosong? kondisi perut yang baik sebelum melakukan olahraga seperti apa?
97 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat siang, OBerolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Rutin berolahraga juga diklaim dapat menjaga kesehatan mental selain kesehatan fisik. Ketika rutin berolahraga akan meningkatkan produksi hormon endorphin, hormon yang membuat bahagia. Dalam peranannya menjaga kesehatan fisik, olahraga dapat menurunkan berat badan ataupun menjaga berat ideal hingga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Bolehkah olahraga saat perut kosong?

Tidak sedikit individu berolahraga dalam keadaan perut kosong, karena menganggap berolahraga dalam perut kososng akan lebih cepat dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah. Namun, ada literatur yang menyebutkan, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara olahraga dalam perut kosong, ataupun makan dahulu sebelum berolahraga.

Efek samping olahraga saat perut kosong :

Ketika berolahraga dalam keadaan perut kosong akan menyebabkan beberapa gangguan, seperti :
  • Hipoglikemik, atau rendahnya kadar gula dalam darah, yang dapat menyebabkan pusing, keringat dingin, hingga pingsan,
  • Sesi olahraga hanya bertahan sebentar, karena berolahraga dalam perut kosong akan menimbulkan lebih cepat lelah, dan lemas,
  • Peningkatan nafsu makan dan porsi makan setelah berolahraga, olahraga dalam perut kosong akan meningkatkan rasa lapar setelah berolahraga, sehingga hal ini akan meningkatkan nafsu makan dan porsi makan,
  • Kehilangan massa otot, berolahraga saat perut kosong, tubuh akan memakai cadangan dalam tubuh, termasuk protein yang ada didalam otot, sehingga mempengaruhi metabolisme tubuh, dan kehilangan massa otot.

Kondisi perut yang baik sebelum melakukan olahraga :

  • Sebaiknya makan berat terlebih dahulu 2-3 jam sebelum berolahraga,
  • Apabila tidak sempat makan berat karena waktu yang terlalu mepet, makanlah makanan ringan seperti roti tawar, roti gandum, buah, maupun energi bar,
  • Perhatikan asupan cairan selama berolahraga.
Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa 
olahragatips olahragatips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil