29 Sep 2020, 15:23Mata

Bolehkah obat tetes mata diganti sebagai cairan tetes softlens?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Halo dok, saya Dinda. Mau tanya.. apakah tetes air mata buatan sanbe farma tears bisa digunakan sebagai pengganti tetes mata softlens pada saat kondisi mata kering? Mohon informasinya ya dok, terimakasih.
195 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Soflens bisa menjadi salah satu alternatif seseorang untuk menganti warna matanya atau bisa digunakan untuk membatu mengatasi masalah masalah mata seperti miopia. Tidak seperti kacamata, penggunaan soflens dinilai lebih praktis dan efesien karena soflens langsung di pasangkan di dalam mata. Walaipun di nilai praktis, ternyata penggunaan soflens memiliki dampak negatif atau masih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan. Seperti dampak sindroma mata kering, luka pada mata, iritasi, dan hal lainnya. Penggunaannya pun disarankan digunakan antara 8-14 jam/hari, tidak digunakan bersamaan dengan tidur, dan selalu menjaga kebersihan kotak lensa dan tangan saat akan membersihkannya.Berkaitan dengan pertanyaan Anda cairan lensa mempunyai kandungan khusus seperti sodium chloride, pottasium chloride, poloxamer, dan lain sebagainya. Kandungan tersebut mempunyai beberapa fungsi seperti :
  • Mengatur keseimbangan dan kelembapan soflens
  • Menghilangkan kotoran yang menempel pada soflens
  • Menjaga keawetan soflens
Sehingga tidak disarankan penggunaan tetes soflens tanpa menggunakan soflens di dalamnya. Dan tidak bisa juga untuk mengobati masalah pada mata seperti sindroma mata kering dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki masalah pada kesehatan mata, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter mata untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.Semoga informasi yang di bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kesehatan matapenyakit matamata kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil