26 Aug 2020, 22:03Perut

Bolehkah minuman berserat dikonsumsi setiap hari?

SS
Info Penanya: SS0
Pagi Ibu Dokter, mau tanya.. apa minuman pelancar pencernaan seperti vegeta boleh diminum berkelanjutan? Saat ini saya sudah rutin minum selama 7 hari dok. Mohon informasinya.
3759 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore SS,Serat adalah salah satu asupan penting bagi tubuh terutama utnuk melancarkan pencernaan. Jika kurang asupan serat maka bisa berakibat sulit buang air besar, konstipasi atau sembelit, sampai bisa menimbulkan masalah kesehatan lain seperti wasir atau hemorroid.Untuk memenuhi kebutuhan serat, dapat mengonsumsi bahan makanan terutama sayuran dan buah-buahan. Selain itu saat ini juga cukup banyak suplemen serat yang dijual bebas. Untuk minuman pelancar pencernaan dan suplemen serat sendiri juga perlu diperhatikan penggunaannya karena bisa memicu efek samping seperti:
  • Masalah pencernaan misalnya perut kembung
  • Mual
  • Menimbulkan nyeri atau kram perut
  • Bisa menimbulkan BAB cair
  • Gangguan elektrolit seperti penurunan kadar kalium
Untuk itu perlu diwaspadai dan hindari jika memiliki alergi dengan minuman tersebut, memiliki riwayat gangguan ginjal, jantung ataupun masalah penyumbatan usus. Hindari juga penggunaannya jika sering kali mengalami dehidrasi.Sebaiknya boleh dikonsumsi sesekali saja dan tidak rutin setiap hari. Bisa coba perbanyak makan buah dan sayur, olahraga rutin, minum air putih minimal 2 liter setiap harinya dan hindari makanan yang bisa mengiritasi lambung agar terhindar dari sembelit dan kesehatan pencernaan bisa terjaga. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
masalah pencernaankonstipasigangguan pencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil