Bolehkah minum susu kehamilan dengan folavit?

SL Info Penanya: SL
Dok, boleh nggak sih minum prenagen mommy berbarengan dengan folavit? saat ini saya sedang hamil 2 bulan. Mohon informasinya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan muda atau pada trimester pertama merupakan kondisi saat awal kehamilan yang rentan terjadi keguguran. Sehingga, cakupan nutrisi yang dikonsumsi ibu pada usia awal kehamilan serta istirahat yang cukup sangat mempengarhui kesehatan ibu dan juga janin. Selain itu, melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu selama kehamilan juga mempengarhui pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh sebab itu, pada awal kehamilan sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi.

Banyak ibu hamil yang mengonsumsi susu khusus untuk ibu hamil. Umumnya susu khusus ibu hamil ini mengandung kalsium, protein, vitamin D dan lain lain. Manfaat mengonsumsi susu saat masa kehamilan diantaranya adalah membantu mencukupi kebutuhan kalsium, mencegah BBLR, dan membantu mencukupi nutrisi lain yang dibutuhan ibu selama masa kehamilan.

Suplemen vitamin yang Anda sebutkan mengandung asam folat. Asam folat ini dapat membantu pertumbuhan perkembangan sehingga mengurangi risiko terjadinya cacat pada janin seperti bibir sumbing dan lain sebagainya. Namun, konsumsi multi vitamin tambahan, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi kesehatan ibu dan juga janin. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter spesialis kandungan Anda, apakah Anda memerlukan multivitamin tambahan ataukah tidak. Secara umum mengonsumsi susu dan obat, sebaiknya diberikan jeda beberapa jam karena dikawatirkan mempengaruhi efek dari obat tersebut.

Beberapa saran yang bisa dilakukan untuk ibu hamil adalah:

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi pada vagina menjadi salah satu penyebab bayi lahir dalam kondisi prematur

Inilah Penyebab Kelahiran Bayi Prematur yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

Bayi prematur yang lahir sebelum minggu ke-23 kehamilan, biasanya tidak dapat bertahan hidup. Sementara itu, bayi prematur yang lahir setelah minggu ke-28 kehamilan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi.