Bolehkah minum obat dengan teh hibiscus pasca keguguran?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, dua minggu lalu saya baru saja keguguran dan saat ini sedang mengonsumsi obat dari dokter. Bolehkah saya minum obat berbarengan dengan teh hibiscus?"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Keguguran adalah kondisi keluarnya janin sebelum usia kehamilan 20 minggu, dimana pada saat tersebut janin belum siap untuk hidup di luar kandungan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan keguguran, misalnya kondisi hormonal, kelelahan, benturan atau trauma fisik lainnya, asupan nutrisi, serta janin yang memang gagal berkembang.

Pasca keguguran, seorang wanita disarankan mengonsumsi makanan bergizi dan menjalankan pola hidup sehat lainnya, sehingga hormon dapat kembali ke kadar seimbang seperti sebelum hamil, dan dapat subur kembali. Makanan yang dianjurkan adalah sayur-mayur, buah-buahan, minyak zaitun, minyak kelapa, serta sumber protein seperti telur, daging, dan kacang-kacangan.

Apabila dibutuhkan, dokter mungkin akan memberikan obat-obatan untuk memulihkan kondisi, serta mengembalikan kesuburan. Ketika minum obat, disarankan Anda mengonsumsinya dengan air putih, bukan teh. Pasalnya, ada beberapa obat yang efektivitasnya dapat berkurang apabila dikonsumsi bersama teh. Lalu, ikuti anjuran dokter atau apoteker terkait dosis dan waktu mengonsumsinya.

Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi teh hibiscus, diperbolehkan saja. Asalkan, beri jarak tiga jam setelah dan sebelum mengonsumsi obat, ya.

Untuk informasi lebih lanjut, atau apabila Anda mengalami keluhan seperti perdarahan, nyeri perut, atau rasa nyeri pada vagina, segera konsultasikan perihal ini kepada dokter kebidanan dan kandungan Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum obat dengan teh memang dapat membantu menyamarkan rasa pahit dari obat yang dikonsumsi

Jangan Minum Obat dengan Teh Manis, Ini Penjelasannya

Untuk mengurangi rasa pahit yang muncul dari obat, sebagian orang memilih minum obat dengan teh sebagai pengganti air putih. Teh yang digunakan pun beragam, mulai dari teh manis hingga teh tawar. Lantas, apa bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan ini?