Bolehkah minum minuman berenergi saat demam?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, kebetulan saya sudah demam 2 hari. Saya sudah minum paracetamol dan tidur yang cukup tak kunjung turun. Apa saya boleh minum minuman berenergi seperti krating daeng?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Minuman berenergi adalah minuman yang mengandung taurin, kafein, vitamin B, dan gula, yang diperuntukkan untuk meningkatkan stamina. Pada kemasan minuman sudah tertulis cara mengonsumsi yang dianjurkan, agar tidak dikonsumsi secara berlebihan. Tetapi, batas konsumsi tersebut dapat berbeda bagi masing-masing orang.

Sedangkan demam adalah kondisi ketika suhu tubuh naik di atas 38 derajat celcius. Demam adalah mekanisme pertahanan tubuh ketika terjadi infeksi akibat virus, bakteri, atau benda asing lainnya. Apabila kondisi infeksi tertangani, suhu akan berangsur-angsur turun sampai ke batas normal kembali.

Terkait pertanyaan Anda, sebaiknya hindari dulu mengonsumsi minuman berenergi pada saat demam. Hindari juga minuman lainnya seperti sirup, minuman dengan pemanis buatan, atau kopi. Walaupun kebutuhan cairan tubuh meningkat pada saat demam, cairan terbaik yang dianjurkan untuk diminum adalah air putih.

Selain mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, lakukan juga hal-hal berikut:

  • Mengonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna, akan lebih baik apabila tinggi nutrisi, misalnya sup kaldu
  • Tidur cukup dan banyak beristirahat
  • Kompres hangat pada kening atau ketiak
  • Konsumsi obat antipiretik yang dijual bebas, seperti parasetamol sesuai dosis

Apabila demam tidak turun dalam tiga hari berturut-turut, atau disertai sesak napas, atau suhu meningkat hingga di atas 39 derajat celcius, segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya laboratorium. Dengan demikian, akan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fase demam berdarah dengue kerap disebut seperti pelana kuda, demam bisa naik dan turun dalam kurun waktu tertentu

Waspadai 3 Fase Demam Berdarah Dengue agar Tak Celaka

Demam Dengue adalah penyakit mirip flu parah dan menular lewat gigitan nyamuk yang banyak hidup di daerah tropis. Ketika semakin parah, penyakit ini bisa memicu perdarahan dan menjadi demam berdarah Dengue (DBD).