Bolehkah minum bear brand saat demam?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Sore dokter, mau tanya.. Apakah boleh minum susu bear brand ketika sedang demam?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FF.

Bear brand adalah salah satu merek dagang susu sapi yang dikemas dalam bentuk kaleng. Produksi bear brand melalui proses sterilisasi, sehingga susu yang dihasilkan bebas dari kuman. Bear brand juga tidak mengandung pengawet, sehingga disarankan tidak mengonsumsi lewat dari tanggal kadaluarsa yang ada di kemasan.

Sedangkan demam adalah kondisi ketika suhu tubuh naik di atas 38 derajat celcius. Demam terjadi karena mekanisme alami tubuh untuk melawan kuman yang masuk. Penyebab demam bervariasi, mulai dari yang ringan seperti kekurangan cairan, sampai yang cukup serius dan memerlukan penanganan segera.

Terkait pertanyaan Anda, bear brand boleh saja dikonsumsi pada saat demam, apabila demam tidak disertai dengan diare. Juga, pastikan juga bahwa Anda tidak memiliki intoleransi atau alergi produk susu sapi sebelum mengonsumsinya.

Selain susu, disarankan juga untuk banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Konsumsi makanan berkuah seperti sup juga sangat dianjurkan. Lalu, Anda juga bisa mengompres kening dan ketiak untuk membantu menurunkan suhu dan memberikan rasa nyaman. 

Apabila demam tidak turun lebih dari tiga hari, atau melebihi 39 derajat celcius, atau disertai kejang, sesak napas, atau gejala berat yang lain, segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada ciri-ciri tidak cocok minum susu ibu hamil yang bisa dikenali

Ciri-ciri Tidak Cocok Minum Susu Ibu Hamil yang Bisa Dikenali

Susu ibu hamil sah-sah saja diminum, namun sifatnya tidak wajib. Ibu juga bisa minum susu jenis lain selama masa kehamilan. Selain itu, ada ciri-ciri tidak cocok minum susu ibu hamil yang bisa diidentifikasi.