Bolehkah mengonsumsi singkong lalu dilanjutkan dengan obat?

SL Info Penanya: SL
Dok, saya kebetulan minum obat jantung. Tapi karena saya malas makan nasi, saya lebih suka makan singkong sebagai karbo. Apa boleh dok makan singkong lalu dilanjutkan dengan obat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Singkong adalah tanaman yang mengandung karbohidrat. Oleh karena itu, di Indonesia sendiri selain menggunakan nasi sebagai makanan pokok terdapat beberapa daerah yang menggunakan singkong untuk sumber karbohidrat utamanya. Hal ini dikarenakan 98% kanudngan utama dari singkong merupakan karbohidrat, 2% sisanya terdiri dari proten dan juga lemak.

Selain sebagai sumber karbohidrat terdapat banyak sekali manfaat dari singkong, yaitu aya akan serat yang baik untuk pencernaan, dapat membantu menurunkan risiko penyakt tertentu seperti diare, infeksi kulit, kerontokan rambut dan lain sebagainya. Walaupun memiliki banyak manfaat yang baik bagi saluran pencernaan tubuh, konsumsi singkong yang berlebihan juga dapat menjadi racun yang tidak baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan dalam singkong tedapat kandungan sianida. Sianida dapat mengakibatkan seseorang mengalami mual dan atau muntah, sakit kepala hebat, sesak napas (kesulitan bernapas), bahkan hingga kehilangan kesaradaran.

Terkait dengan pertanyaan Anda, belum ada penelitian yang menyatakan adanya interaksi obat dengan mengonsumsi singkong dengan selang waktu beberapa saat kemudian. Namun, mengonsumsi obat secara bersaamaan dengan obat tertentu enis lain atau bersamaan dengan bahan makanan / minuman lain dikhawatirkan dapat menyebabkan efektifitas obat dapat berkurang, atau bahkan meningkatkan kinerja obat, meningkatkan toksisitas onat, bahkan dapat meningkatkan efek samping obat. Untuk itu, disarankan mengonsumsi obat sesuai aturan yang sudah diberikan dan dengan air putih.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kolesterol tinggi dapat terjadi jika terbiasa hidup kurang aktif

8 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Perlu Dijauhi dan Dihindari

Mengenali penyebab kolesterol tinggi dapat membantu lebih waspada menghindari risiko penyakit seperti stroke dan jantung. Maka dari itu, penting menjaga kadar kolesterol.