Bolehkah mengonsumsi rebusan pare setiap hari ?

VS Info Penanya: VS, Wanita, 19 Tahun
Selamat sore Dok....Gini Dok,, apa boleh orang tua yang umurnya 55 ke atas mengkonsumsi rebusan pare setiap hari ???Tolong di jawab ya Dokkk...!TERIMA kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam VS,

Rebusan pare memang dipercaya memiliki sangat banyak manfaatnya antara lain menurunkan kadar gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C dan antioksidannya, menurunkan trigliserida, mengatasi peradangan pada usus, dll. Namun saat ini belum ada penelitian untuk seberapa banyak rebusan pare yang boleh diminum dan untuk jangka waktu berapa lama yang aman untuk diminum. Karena bila rebusan pare diminum dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan efek samping berupa kadar gula yang terlalu rendah (hipoglikemia), meningkatkan enzim liver sehingga perlu waspada bila sebelumnya sudah ada gangguan fungsi liver/hati, diare, perut kram, dll.

Karena herbal tidak ada penelitiannya untuk dosis yang tepat, maka sebaiknya hanya dikonsumsi sesekali saja.

Bila ada keluhan, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat rosemary salah satunya adalah mencegah kanker

Manfaat Rosemary, Si Harum yang Baik untuk Kesehatan

Jika Anda pecinta herbal dan tanaman obat, rosemary mungkin menjadi salah satu kesukaan. Selain ditambahkan ke dalam masakan, rosemary memiliki sejumlah potensi manfaat untuk kesehatan. Tak tanggung-tanggung, manfaat rosemary tersebut mulai dari lindungi mata hingga cegah kanker.