27 Aug 2020, 23:08Kulit & Kelamin

Bolehkah menggunakan obat kutu rambut saat hamil?

SL
Info Penanya: SL0
Sore dok, saat ini saya sedang hamil 2 bulan dan kebetulan saya tertular ponakan yang memiliki kutu rambut. Apa saya boleh menggunakan peditox?
2714 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaKutu rambut adalah adanya kutu  (pediculus humanus capitis) yang hidup dan berkembang biak pada rambut menusia. Kondisi ini terjadi karena adanya kontak fisik dari orang dengan kutu rambut. Perlu diketahui bahwa kutu rambut tidak bisa terbang, penularannya terjadi karena adanya kontak fisik atau penggunaan barang pribadi yang terdapat kutu. Kutu rambut umumnya terajadi pada anak-anak hingga remaja. Namun, bisa juga terjadi pada orang dewasa termasuk pada ibu hamil.Terkait dengan penggunaan obat kutu rambut yang dijual bebas di pasaran, sejauh ini masih dianggap aman selama manfaatnya lebih besar daripada risikonya. Namun, alangkah baiknya apabila Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai. Selain itu, Anda juga bisa mengatasi kutu rambut dengan bahan-bahan alami yang relatif aman digunakan untuk ibu hamil.Adapun beberapa cara mengatasi kutu rambut untuk ibu hamil diantaranya adalah:
  • Bersihkan semua preabotan dirumah, ganti sprei, handuk, pakaian, sisir, dan barang-barang pribadi. Lakukan rendam dengan deterjen dan air hangat, cuci berish kemudian lakukan penejmuran dibawah terik sinar matahari
  • Gunakan sisir khusus
  • Gunakan tea tree oil / minyak kayu putih / minyak zaitun/ minyak kelapa
  • Oleskan semprotan air lemon 
Semoga bermanfaat Salam sehat, dr. Dian
tips kesehatankutukutu rambut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil