Bolehkah mencuci peralatan dapur dengan pemutih?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter sebenarnya boleh kah mencuci peralatan dapur dengan menggunakan pemutih bayclin? Saya soalnya kadang suka merasa mencuci piring dengan sabun biasa saja kurang higienis. Mohon infonya ya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pada dasarnya kandungan sabun pencuci piring dan pemutih pakaian sudah ditakar berdasarkan kegunaan masing-masing. Jadi penggunaannya keduanya tidak bisa disamakan. Dalam pemutih pakaian ada kandungan kimia yang disebut zat klorin. Yang tentunya tidak cocok digunakan untuk membersihkan alat makan. Karena akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Jika mencuci dengan pemutih, zat kimia klorin ini akan masih bisa menempel pada alat-alat makan Anda. Dan zat klorin tersebut akan menetap hingga beberapa hari bahkan beberapa minggu. Dan tentunya jika alat makan jika digunakan untuk makan akan bisa tertelan dan menganggu kesehatan.

Beberapa efek atau dampak klorin untuk kesehatan :

Berdasarkan keterangan di atas sebaiknya jangan gunakan pemutih pakaian untuk mencuci alat makan. Gunakan sabun yang memang digunakan untuk mencuci alat makan. Biasakan untuk membaca prtunjuk pemakaian di setiap produk. Dan berhati-hati dalam menggunakan produk yang mengandung bahan kimia untuk sehari-hari. Agar tidak muncul dampak kesehatan yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh

12 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh yang Bisa Membuat Anda Terhindar dari Penyakit

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orang. Hal ini juga bisa membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh yang sebaiknya dilakukan?