Bolehkah memberikan MPASI pada bayi di bawah 6 bulan?

M Info Penanya: M, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau tanya.. Bolehkah memberi mp asi kepada bayi yg berusia di bawah 6 bln karna asi tidak memberinya kebutuhan yang cukup bagi bayi..? & jika diberikan apa saja dampak negatif & positifnya...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M

Jangan memberi MPASi pada bayi dibawah usia 6 bulan. Hanya diperbolehkan ASI dan susu formula. Bagaimana anda tahu kalau ASI tidak memberi kebutuhan yang cukup? Anda perlu memperhatikan pergerakan grafik pertumbuhannya. Perbandingan berat badan, panjang badan, usia, lingkar kepala dan lainnya. Hal ini bisa anda ketahui jika anda rutin membawa bayi anda kontrol dengan Dokter Anak. Bila ASI tidak mencukupi nutrisinya maka ada suplemen tambahan yang diberikan pada ASI untuk memperkuat nutrisinya. Bukan dengan mengganti ASI tersebut.

Di bawah usia 6 bulan bayi belum mampu mencerna makanan selain ASI dan sufor. Reaksi yang bisa terjadi dari perut kembung, mencret, sembelit, diare bahkan alergi makanan. Mengingat kondisi bayi yang masih sangat rentan, efek yang tidak diinginkan tersebut bisa sampai mengakibatkan kematian. Bahkan bayi dengan ASI eksklusif sebetulnya tidak memerlukan diberikan air putih sebelum usia 6 bulan. 

Makanan padat sulit ditelan dan dicerna bayi, bisa mengakibatkan tersedak sampai penyumbatan saluran napas. Makanan padat juga tidak bisa menggantikan ASI, malah akan memicu masalah kesehatan pada bayi seperti alergi, eksim dan diabetes. Bayi juga belum bisa mengunyah makanan karena gigi baru tumbuh setelah usia 6 bulan.

Tanggung jawab anda sebagai orangtua untuk memastikan hal ini. Jangan sampai keluarga datang ada yang memberikan pisang kepada bayi anda. Lakukan juga pemeriksaan rutin dengan Dokter Anak anda karena masa pertumbuhan paling krusial adalah saat masih bayi.

Penting Bagi Ibu Menyusui! Inilah 15 Cara Efektif Memperbanyak ASI

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai mitos kesehatan yang masih umum dipercaya, seperti takaran air putih, obat detoks, hingga penyebab pilek

Beberapa Mitos Kesehatan Ini Sama Sekali tidak Bisa Anda Percaya

Minum air harus 8 gelas sehari? Ternyata itu isapan jempol belaka. Anda juga masih percaya dengan produk-produk detoks, yang sayangnya belum terbukti kebenarannya. Ada beberapa mitos kesehatan lain, yang mungkin masih Anda dan keluarga yakini hingga sekarang.