Bolehkah makan mie pasca operasi 2 minggu ?

LS Info Penanya: LS, Pria, 22 Tahun
Mau tanya dok... Pasca operasi selama 2 minggu saya bisa tidak makan mie? sekali saja?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pasca tindakan operasi umumnya pasien diharuskan mengikuti prosedur tertentu yang berkaitan dengan proses pemulihan. Hal ini dapat berhubungan dengan tindakan pembiusan yang dilakukan pada proses operasi dan efek sampingnya yang memerlukan waktu untuk menghilang sepenuhnya. Sebagai contoh adalah operasi di daerah perut dengan prosedur bius lokal atau spinal (dari tulang belakang) yang dapat menyebabkan gerakan peristaltik usus berkurang sementara, sehingga pasien tidak diperbolehkan untuk makan selama waktu tertentu.

Terkait dengan pertanyaan Anda, umumnya pantangan jenis makanan tertentu atau perawatan tertentu disesuikan dengan tindakan operasi yang telah dijalani. Seperti operasi ambeien, yang umumnya akan mendapatkan saran mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan hindari makanan yang sulit dicerna. Mie, khususnya mie instan adalah salah satu makanan yang membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna, mengandung banyak garam dan pengawet. Maka perlu kembali memperhatikan memperhatikan jenis operasi apa yang dijalani serta saran dokter yang telah melakukan tindakan operasi.

Pada umumnya, pasca operasi yang tidak berkaitan dengan organ pencernaan, apabila sudah melewati 1 minggu, tidak terlalu banyak pantangan makanan khusus. Namun, untuk lebih memastikan sebaiknya saat kontrol selanjutnya, berkonsultasilah pada dokter Anda mengenai makanan apa saja yang menjadi pantangan dan yang baik untuk dikonsumsi, terkait dengan riwayat operasi pada Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat sinar x di dunia kesehatan salah satunya untuk membantu diagnosis

Manfaat Sinar X dalam Pemeriksaan dan Perawatan Suatu Penyakit

Manfaat sinar x tidak hanya sebatas untuk mengetahui gambaran bagian dalam tubuh. Teknologi ini terus berkembang dan dapat juga digunakan sebagai bagian dari perawatan.