Bolehkah kunyit hitam dikonsumsi penderita asam urat?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Bu dokter, apakah kunyit hitam aman dikonsumsi? Boleh nggak sih dok kunyit hitam dikonsumsi oleh penderita asam urat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Kunyit hitam memiliki nama latin Curcuma caesia, yang tergolong dalam jenis rempah-rempah. Saat ini, studi tentang kunyit hitam masih sangat terbatas, sehingga kunyit hitam belum terlalu terkenal seperti rempah lainnya. Tetapi, salah satu studi menyebutkan bahwa kunyit hitam memiliki komponen antiradang dan antioksidan.

Dengan kandungan antiradang dan antioksidan yang dimiliki, kunyit hitam dipercaya dapat membantu penyembuhan asam urat. Kunyit hitam dapat dicampurkan dengan air dan dikonsumsi, ataupun dihaluskan dan dioles ke bagian sendi yang nyeri.

Selain untuk asam urat, kunyit hitam juga memiliki manfaat lain, di antaranya:

  • Membantu penyembuhan radang saluran pernapasan atas, seperti infeksi amandel atau tenggorokan
  • Membantu menyehatkan saluran pencernaan
  • Mengurangi rasa nyeri
  • Mengurangi kadar radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh

Apabila Anda ingin mengonsumsi kunyit hitam untuk asam urat, disarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, ya. Karena, bagi beberapa orang yang memiliki obat-obatan rutin, atau memiliki riwayat alergi, penggunaan kunyit hitam maupun rempah lainnya harus disesuaikan.

Lalu, selain mengonsumsi kunyit hitam, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa makanan yang aman dan tidak meningkatkan kadar asam urat, seperti buah-buahan, kentang, jamur, ataupun produk susu. Hindari jeroan, sea food, makanan tinggi purin lainnya, dan minuman dengan pemanis buatan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan

9 Manfaat Minyak Cengkeh yang Sayang untuk Dilewatkan

Minyak cengkeh adalah minyak yang dihasilkan dari kuncup bunga cengkeh kering. Meski tak sepopuler minyak kayu putih, namun ada segudang manfaat minyak cengkeh yang tak kalah baik untuk kesehatan.