Bolehkah konsumsi wedang jahe saat hamil 7 bulan?

SL Info Penanya: SL
Dokter, saat ini saya sedang hamil usia 7 bulan. Saya ngidam banget wedang jahe. Boleh nggak sih dok konsumsi wedang jahe di masa kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Jahe adalah sala satu rempah yang tidak asing lagi digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan di Indonesia. Selain itu jahe juga kerap kali digunakan sebagai tanaman obat karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari jahe ini. Wedang jahe adalah sebuah minuman yang dibuat dari air rebusan jahe dan bisa ditambahkan madu atau gula. Wedang jaheini umumnya cukup aman dikonsumsi segala usia mulai dari anak-anak, hingga dewasa baik pada pria maupun pada wanita. 

Karena salah satu manfaat dari jahe adalah untuk mngurangi rasa mual dan muntah serat membantu mengatasi nyeri otot maka tidak jarang ibu hamil mengonsumsi wedang jahe Wedang jahe cukup aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, namun sebaiknya tidak secara berlebihan. Karena, bila dikonsumsi secara berlebihan dikawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan juga janinnya. 

Selain itu, sebagai ibu hamil usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bagi ibu hamil, perbanyak asupan protein (seperti daging, ikan, telur, dan pastikan mengonsumsinya dalam kondisi benar-benar matang), konsumsi juga sayur dan buah-buahan, konsumsi produk olahan susu (bila tidak ada riwayat alergi sebelumnya), selain protein hewani juga perlu mengonsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan, serta berusalah untuk mencukupi kebutuhan cairan harian Anda dan juga rutin melakukan olahraga ringan.

Konsumsilah jahe secukupnya, dan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis kandungan terdekat agar memastikan bahwa kondisi Anda dan janin dalam keadaan sehat. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gingerol, kandungan jahe yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh

Ragam Kandungan Jahe yang Memberikannya Segudang Manfaat

Kandungan jahe yang beragam membuatnya jadi salah satu rempah paling menyehatkan yang bisa Anda konsumsi. Gingerol, komponen khas yang ada pada jahe, juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh karena sifatnya antiradangnya dan bisa bertindak sebagai antioksidan.