11 Oct 2021, 11:17Kandungan

Apakah ibu hamil boleh dikerok ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dok, selama hamil saya sering masuk angin dan beberapa kali melakukan kerokan. Tapi ada yang bilang kalau kerokan saat hamil berbahaya. Apakah benar, ibu hamil tidak boleh kerokan? Apa efek sampingnya? Lalu, bagaimana cara mengatasi ibu hamil masuk angin kalau tidak boleh kerokan?
92 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Sl.Masuk angin adalah keluhan tersering yang disampaikan pasien ketika berobat. Padahal tidak ada masuk angin dalam istilah medis. Masuk angin merupakan kumpulan gejala yang dirasakan baik wanita, pria, remaja, orangtua bahkan ibu hamil berupa badan terasa meriang, mual, muntah, tidak nyaman di perut, kembung. Masuk angin dapat pula berupa gejala pilek dan hidung tersumbat.

Apakah benar, ibu hamil tidak boleh kerokan ?

Kepercayaan orang Indonesia saat masuk angin, tubuh harus dikerok. Tujuan kerokan untuk mengeluarkan angin di dalam tubuh sehingga keluhan berkurang. Kerokan pada ibu hamil sebaiknya dihindari karena selain belum terbukti manfaat kerokan untuk mengurangi keluhan masuk angin, kerokan pada ibu hamil juga dapat menyebabkan beberapa efek samping berikut :
  • Pecahnya pembuluh darah kapiler.
  • Memicu kontraksi jika kerokan dilakukan pada daerah pinggang dan sekitar perut.
  • Merusak kulit.
  • Memicu selulitis bahkan infeksi jika kerokan terlalu kuat dan kulit terluka.

Bagaimana cara mengatasi ibu hamil masuk angin kalau tidak boleh kerokan ?

Cara mengatasi ibu hamil masuk angin kalau tidak boleh kerokan adalah dengan mencari tahu penyebab masuk angin yang ada, apakah asam lambung meningkat, apakah ibu terlalu lelah aktifitas, apakah ibu hamil mengalami flu.Ibu hamil harus menjaga kesehatan dengan makan sedikit namun sering, hindari makanan pemicu asam lambung, minum vitamin, istirahat cukup. Ibu hamil juga dapat dipijat untuk merilekskan otot. Namun pastikan tidak memijat bagian perut. Konsultasi ke dokter kandungan saat Anda mengalami keluhan selama hamil.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilmasalah kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil