Bolehkah ibu yang sedang nifas tidur di kasur yang rendah?

A Info Penanya: A
Selamat malam dok, saya mau tanya mengenai nifas. Apakah ibu yang sedang menjalani masa nifas boleh tidur di kasur yang tingginya rendah? saat ini saya sedang menggunakan kasur inoac. Mohon informasinya ya dok, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Nifas adalah masa pemulihan setelah melahirkan, dimulai dari setelah persalinan bayi dan plasenta. Lama masa nifas sendiri sekitar 42 hari atau 6 minggu. Selama masa nifas sendiri ada cukup beragam mitos yang beredar dimana tidak semuanya merupakan fakta jika dilihat dari sisi medis.

Mitos masa nifas

Beberapa mitos pada masa nifas yang perlu diperhatikan kebenarannya diantaranya adalah:

  • Tidak boleh makan telur, ayam, ikan atau yang amis karena bisa membuat gatal atau luka jahitan basah. Hal ini merupakan mitos karena untuk membantu penyembuhan luka diperlukan asupan protein lebih banyak agar pemulihan bisa lebih cepat dan lebih baik
  • Tidak boleh tidur di pagi hari, hal ini juga merupakan mitos dimana jika malam hari ibu yang sedang masa nifas kesulitan tidur karena bayi terbangun untuk menyusu, maka tetap bisa tidur di pagi hari untuk pemulihan fisik. Untuk penggunaan kasur sendiri apabila di kasur rendah tetap boleh digunakan tapi sebaiknya gunakan alas tambahan agar tidak terlalu dingin dari lantai.
  • Tidak boleh keluar rumah selama masa nifas. Hal ini juga merupakan mitos yang tidak terbukti, dimana tetap boleh keluar rumah tetapi perlu menghindari aktivitas berat
  • Penggunaan stagen atau gurita agar rahim cepat kencang, hal ini tidak sepenuhnya dibenarkan, karena jika terlalu kencang, stagen bisa membuat aliran darah kurang baik dan kesulitan bernapas

Beberapa hal yang sebaiknya perlu dihindari selama masa nifas sendiri adalah hindari aktivitas berat, sebisa mungkin tidak memforsir tenaga untuk kegiatan selain mengurus bayi, tunda dulu keinginan menurunkan berat badan atau diet, kelola stres dengan baik. Perhatikan tanda bahaya selama masa nifas seperti perdarahan selama nifas timbul berlebihan maka perlu segera diperiksakan pada dokter atau ke fasiltas kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil dengan mata minus tetap bisa melahirkan normal

Melahirkan Normal Mata Minus Mustahil Terjadi? Belum Tentu

Melahirkan normal mata minus tidak mustahil terjadi. Ada banyak hal yang menentukan metode persalinan seseorang, dan minus mata bukan satu-satunya patokan.