Bolehkah ibu hamil minum susu frisian flag?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saat ini saya sedang hamil 5 minggu. Apakah saya masih boleh mengonsumsi susu frisian flag seperti sebelum hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Trimester pertama kehamilan seringkali ditemukan adanya keluhan-keluhan seperti mual, muntah, lemas, nyeri pinggang, sering keluar bercak darah, dll sehingga diperlukan pengawasan lebih baik dari segi kecukupan nutrisi, serta faktor psikologis ibu.

Salah satu asupan yang penting untuk ibu hamil adalah susu. Karena di dalam susu terkandung banyak vitamin serta kalsium yang tentunya sangat berperan untuk pertumbuhan janin. Perihal merk susu untuk ibu hamil boleh minum susu dengan merk apapun, selama susu tersebut susu cair atau susu bubuk, bukan susu kental manis. Namun sebaiknya minum susu hamil yang kandungan nutrisinya lebih baik.

Nutrisi lain yang penting untuk ibu hamil adalah asam folat serta omega 3. Hal ini untuk mencegah kecacatan pada janin dan menunjang pertumbuhan otak janin. Nutrisi ini bisa didapat dari makanan sehari-hari seperti brokoli, sayur hijau, telur, ikan, alpukat, kacang tanah, dll atau minum suplemen secara langsung.

Selain mengandalkan makanan dan suplemen, untuk menjaga kehamilan Anda juga perlu:

  • Tidur secara teratur.
  • Hindari stres.
  • Lakukan olahraga ringan setiap hari, namun jangan sampai kelelahan.
  • Sebisa mungkin tidak berhubungan seksual selama trimester pertama, atau bila harus berhubungan seksual maka gunakan kondom.

Lakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter kandungan untuk memantau perkembangan janin Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan cukup beragam, salah satunya daging mentah.

Ini Dia Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil 9 Bulan

Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan, harus menjadi perhatian bagi para wanita hamil. Meskipun makanan itu adalah favorit Anda, relakanlah untuk sementara waktu demi terjaganya kesehatan ibu hamil dan bayi.