05 Jan 2020, 15:05Gigi & Mulut

Apakah ada cara lain untuk mengatasi gigi berlubang?

AN*
Info Penanya: AN*, Wanita, 14 Tahun
Dok saya mau tanya. pada bulan September yang lalu, gigi akar saya tiba tiba patah sehabis memakan makanan, jadinya gigi saya bolong. Terus, saya biarkan gigi berlubang saya sampai suatu hari gigi saya sakit dan kemarin saya periksa ke dokter, katanya lubang gigi saya sudah sampai akar. Jadi,boleh tidak dibiarkan? Sebab saya trauma ke dokter, karena pencabutan gigi saya saat masih kecil. Dokter bilang tidak sakit, tapi saat gigi saya dicabut, uuh begitu menyakitkan. Terimakasih
22271 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, PTerimakasih atas pertanyaan Anda.Gigi berlubang adalah suatu kondisi dimana keadaan gigi menjadi bolong atau berlubang. Penyebab gigi berlubang adalah plak gigi yang menumpuk, lokasi dan susunan gigi yang tidak teratur, makanan dan minuman yang manis. cara sikat gigi yang salah, kebiasaan makan sebelum tidur, mulut kering. 

Ada beberapa cara untuk mengatasi gigi berlubang, yaitu:

  • Memberikan fluoride pada gigi. Jika kondisi gigi berlubang masih pada tahap awal dan belum terlalu besar, biasanya akan diberikan fluoride dengan tujuan membentuk kembali mineral di lapisan gigi terluar (enamel).
  • Penambalan gigi. Jika keadaan lubang pada gigi lebih dalam dari fase yang awal, makan perlu dilakukan penambalan pada gigi. Dokter akan mengisi bagian yang berlubang dengan bahan tambal gigi.
  • Pemasangan mahkota jaket. Jika lubang pada gigi semakin meluas dan menyisakan sedikit bagian mahkota gigi, maka dapat dilakukan pemasangan mahkota jaket. Seperti namanya, mahkota jaket yang terbuat dari bahan seperti porcelen, metal, resin akan dipasang sesuai dengan bentuk mahkota gigi.
  • Perawatan saluran akar. Jika lubang pada gigi sudah sangat dalam dan mengganggu saraf gigi, maka perlu dilakukan perawatan pada saluran akar gigi. Menggantikan saraf yang sudah mati dengan bahan khusus.
  • Pencabutan gigi. Ini adalah pilihan terakhir jika kondisi gigi yang berlubang sudah sangat parah dan tidak dapat diperbaiki lagi. Karena akan menyebabkan terjadinya infeksi yang bisa meluas kemana-mana jika dibiarkan.
Jika Anda trauma dengan pencabutan gigi, Anda bisa melakukan opsi lain untuk mengobati gigi Anda yang berlubang ini. Tapi, tetap Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi agar dapat diketahui sudah berapa parah lubang di gigi Anda dan terapi apa yang cocok untuk kondisi gigi Anda ini.Salam sehat,dr. Ester
kesehatan gigigigi berlubangkarang gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil