Bolehkah facial dan body spa ketika haid?

AR Info Penanya: AR
Dok, apakah di perbolehkan melakukan facial treatment dan body spa saat menstruasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Menstruasi merupakan kondisi dimana tubuh seorang wanita mengeluarkan darah dari rahim akibat tidak ada proses pembuahan yang terjadi di dalam rahim. Pada kondisi ini terjadi perubahan hormonal pada wanita, sehingga sebelum menstruasi (PMS) atau selama menstruasi wanita sering merasakan badan lemas, sakit semua, mudah tersinggung, muncul banyak jerawat di wajah yang mengganggu penampilan.

Perawatan tubuh berupa facial treatment dan body spa adalah perawatan yang hanya dilakukan diluar tubuh, sehingga tidak akan mempengaruhi hormon apapun. Facial treatment bertujuan untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat produksi kelenjar minyak di kulit wajah yang berlebihan akibat perubahan hormon yang terjadi ketika menstruasi. Sedangkan body spa dapat melancarkan aliran darah di tubuh dan menimbulkan rasa nyaman di tubuh sehingga hormon endorfin meningkat dan akan memperbaiki mood seseorang.

Selain facial treatment dan body spa, ada hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan menstruasi seperti :

  1. Perbanyak asupan sayur dan buah.
  2. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.
  3. Lakukan olahraga untuk mengurangi kram perut.
  4. Hindari makan makanan pedas.

Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati tanda-tanda menstruasi agar Anda lebih siap menyambut tamu bulanan

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Tanda-tanda menstruasi atau PMS terjadi sekitar lima hari hingga dua minggu sebelum haid datang. Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, ini tanda menstruasi yang perlu diketahui.