Bolehkah berhubungan seksual saat hamil ?

YM Info Penanya: YM, Pria, 26 Tahun
Assalamualaikum pak dokter saya mau bertanya , apakah boleh berhubungan badan tapi sang istri sedang mengandung 1bulan , dan apakah boleh sperma dimasukan , mohon penjelasan nya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi YM!

Hubungan seksual merupakan hal yang normal, bahkan ketika sedang dalam masa kehamilan.

Hubungan seksual dapat dilakukan saat usia kandungan 1 bulan, penis tidak bisa menembus dinding uterus wanita dan bagian janin dilindungi oleh selaput ketuban. Namun, tidak disarankan untuk melakukan hubungan ketika usia kehamilan tua dan tidak disarankan untuk sperma dikeluarkan didalam vagina karena sperma mengandung prostaglandin yang dapat memicu kontraksi dalam kandungan.

Selain itu jangan melakukan hubungan seksual dalam kehamilan pada keadaan :

  • Memiliki riwayat keguguran
  • Hamil kembar
  • Keluar cairan ketuban
  • Adanya perdarahan vagina

Selalu berhati-hati ketika melakukan hubungan seksual demi kesehatan ibu dan anak dalam kandungan, selalu periksakan dan konsultasikan masalah yang dirasakan saat kehamilan dengan dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baik pria dan wanita, termasuk ibu hamil, sama-sama bisa mendapatkan manfaat onani

Tak Perlu Malu, Ini Manfaat Onani untuk Kualitas Hidup Anda

Onani atau masturbasi adalah aktivitas seksual yang sering dianggap tabu untuk dibicarakan. Secara medis, onani bermanfaat meningkatkan produksi berbagai hormon baik, menurunkan level stres, meningkatkan kualitas tidur dan mengikis nyeri pada ibu hamil. Manfaat onani terasa apabila tidak dilakukan berlebihan.