Bolehkah berhubungan seks sebelum tes pap-smear?

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 31 Tahun
Hi dok, Saya mau menanyakan, apakah benar tidak boleh berhubungan seksual sehari sebelum tes pap-smear? Adakah bahayanya dok? Mohon penjelasannya ya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore. E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pap smear merupakan suatu pemeriksaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya kelainan sel yang berpotensi menjadi keganasan atau kanker, khususnya kanker serviks. Pemeriksaan ini umumnya tergabung dalam serangkaian tes pemeriksaan panggul wanita. Cara kerjanya yaitu mendeteksi sel-sel abnormal dengan mengambil sampel jaringan di mulut atau leher rahim, kemudian diberi suatu reagen berbentuk cairan dan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa lebih lanjut.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan selama 2-3 hari sebelum dilakukan pemeriksaan pap smear, diantaranya adalah :

  • Pastikan Anda tidak sedang haid
  • Tidak melakukan hubungan seksual 
  • Tidak menggunakan tampon hindari menggunkan alat pembersih kewanitaan khusus dan hindari membersihkan vagian dengan cara douche 
  • Hindari penggunaan obat-obatan yang dimasukkan ke dalam vagian

Terkait dengan pertanyaan Anda, berhubungan seks dalam waktu yang dekat dengan dilakukannya pemeriksaan pap smear dapat membuat hasil pemeriksaan menjadi tidak akurat karena aktivitas seks dapat menimbulkan lecet pada bagian leher rahim dan mempengaruhi kualitas dari sampel sel yang diambil sehingga hasil iterpretasinya dapat menjadi bias. 

Untuk informasi lebih lanjut, saya lampirkan artikel tentang pemeriksaan pap smear sebagai pemeriksaan penting untuk mendeteksi kanker serviks.

Apabila Anda masih ragu, Anda dapat mengonsultasikannya ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat bercinta dengan posisi misionaris, usahakan posisi laki-laki lebih maju sehingga dasar penis menggesek klitoris

Cegah Kebosanan, Beri 'Bumbu' Agar Posisi Misionaris Makin Menggairahkan

Posisi misionaris dengan sedikit modifikasi membuatnya tak lagi terkesan membosankan. Posisi ini terasa romantis karena Anda dapat melakukan kontak mata dengan pasangan.