11 Oct 2021, 11:17Kandungan

Bolehkah berhubungan intim setelah haid ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dokter, sudah dua bulan berturut-turut, saya selalu memulai hubungan intim dengan suami satu hari setelah haid. Meskipun saya tidak mengalami hal buruk apapun setelah hubungan intim tersebut, tapi banyak yang bilang kalau tidak dianjurkan, memang benar begitu dok? Apa dampak berhubungan intim setelah haid ? Apakah benar potensi untuk hamilnya besar?
299 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Sl.Hubungan intim memberikan banyak manfaat baik kesehatan fisik maupun psikologis bagi pasangan yang sudah menikah. Selain manfaat, hubungan intim juga sebagai media penularan penyakit termasuk HIV, AIDS dan hepatitis. 

Apa dampak berhubungan intim setelah haid ?

Banyak pasangan memilih melakukan hubungan intim saat haid maupun setelah haid karena dianggap lebih aman mencegah kehamilan. Anda yang sudah dua bulan berturut-turut, selalu memulai hubungan intim dengan suami satu hari setelah haid boleh saja dilakukan. Dampak berhubungan intim setelah haid yaitu sisa darah haid bisa keluar sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Apakah berhubungan intim setelah haid bisa menyebabkan kehamilan ?

Mengenai pertanyaan Anda, berhubungan intim setelah haid berpotensi lebih besar terjadinya kehamilan ? Jawabnnya tidak benar. Setelah haid, sel telur butuh waktu untuk kembali dibuahi. Jika Anda berhubungan sehari setelah haid, maka peluang kehamilan menjadi lebih kecil. Anda dapat menunggu waktu yang tepat yaitu di masa subur jika memang berencana untuk memiliki anak.Jadi jika Anda ingin merencanakan kehamilan, maka lakukan hubungan intim saat masa subur. Jika Anda belum ingin hamil, gunakan KB. Pastikan haid telah berhenti saat berhubungan intim. Konsultasi ke dokter spesialis kandungan saat Anda memiliki masalah seputar hubungan intim dan rencana kehamilan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
tips seksmanfaat hubungan sekspenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil