25 Sep 2020, 12:44Penyakit Lainnya

Bolehkah balita konsumsi telur mentah?

SL
Info Penanya: SL0
Dok, mau tanya.. apakah konsumsi telur mentah bisa bikin anak balita jadi lebih pintar? Mohon informasinya ya dok, karena beberapa info dari teman boleh, dari keluarga tidak boleh. Terima kasih.
660 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaTelur mentah merupakan telur yang belum dimasak. Telur mengandung protein, lemak, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, kolesterol, kalium. Selain itu, perlu diketahui bahwa telur juga mengandung asam lemak omega 3 dan juga anti oksidan. Oleh sebab itu, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dair mengonsumsi telur. Perlu diketahui bahwa mengonumsi telur dalam kondisi mentah, dikhawatirkan terjadi risiko infeksi bakteri Salmonella. Kondisi ini terjadi apabila kemasan dan juga peternak telur kurang menjaga higienitias dan sanitasi, maka bakteri samonella yang terdapat pada cangkang telur ini dikawatirkan bisa masuk ke dalam telur lewat celah kecil yang terdapat pada cangkang telur yang retak.Mengonsumsi telur mentah sebaiknya tidak dilakukan, terlebih untuk balita. Sebaiknya, konsumsilah telur dalam keadaan matang. Selain itu berikan makanan sehat lain untuk balita Anda.

Beberapa saran makanan yang baik dikonsumsi oleh balita adalah:

  • Buah-buahan, seperti apel, pir, pisang, dan lain sebagainya
  • Berbagai macam sayuran hijau
  • Kacang-kacangan, bisa berupa selai, atau campuran bahan makanan
  • Ikan, seperti ikan salmon, ikan tuna, yang kaya akan omega 3
  • Oatmeal
  • Produk olahan susu, seperti keju, yoghurt. Untuk pemberian yoghurt, bisa menggunakan yoghutr tawar dan tambahkan madu untuk memberikan rasa manis.
Jika terdapat keluhan terkait kesehatan Anak, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis anak terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
tips parentingkesehatan anaktips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil