13 Aug 2020, 08:24Infeksi

Bolehkah anak 2 tahun konsumsi tempra drop saat demam?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Ibu dokter, anak saya yang berusia 2 tahun sedang demam. Apakah boleh saya berikan tempra drop tanpa harus konsultasi dengan dokter langsung di rumah sakit? Mohon informasinya dok.
6177 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Tempra drop adalah salah satu merek dagang obat yang mengandung 80 mg paracetamol per 0,8 mililiternya. Paracetamol berfungsi sebagai penurun suhu dan pereda nyeri. Paracetamol tergolong obat bebas, sehingga boleh dikonsumsi tanpa resep dokter untuk penanganan awal.Dosis paracetamol untuk anak-anak tergantung kepada berat badan, dimana dosis yang dianjurkan adalah 10-15 miligram per kilogram berat badan. Sebagai contoh, anak dengan berat badan 10 kg dianjurkan untuk mengonsumsi 100-150 mg, yang apabila dikonversi sebagai takaran tempra drop adalah 1-1,5 ml. Dosis tersebut dikonsumsi setiap 6-8 jam.Tetapi, segera periksakan apabila terjadi kondisi-kondisi berikut:
  • Demam lebih dari 38.5 derajat celcius
  • Demam tidak turun selama tiga hari berturut-turut
  • Disertai gejala lain seperti sesak napas atau diare
  • Anak tampak lemas dan malas menyusu
  • Tangan dan kaki anak dingin
  • Ada riwayat kejang demam
Nantinya, dokter spesialis anak akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti laboratorium. Dengan hasil pemeriksaan, dokter akan dapat menentukan apa penyebab demam anak Anda. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan demam adalah infeksi telinga, infeksi tenggorokan, maupun demam berdarah dengue. Setelah diketahui penyebabnya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai untuk anak Anda.Selain dengan memberikan obat tersebut, Anda juga dapat mengompres kening dan ketiak anak Anda dengan handuk hangat. Pastikan asupan cairan juga cukup agar anak tidak dehidrasi.Terima kasih atas pertanyaan Anda. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
demamdemam berdarah dengueparacetamol
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil